Mohon tunggu...
Andesna Nanda
Andesna Nanda Mohon Tunggu... Konsultan - You Are What You Read

Kolumnis di Kompas.com. Menyelesaikan S3 di Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Mengevaluasi Peran Merek untuk Bisnis Berkelanjutan

9 September 2021   07:35 Diperbarui: 9 September 2021   17:03 871
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Logo dan merek dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis. Foto: Febri Ardani/Kompas.com

Pernah melihat logo dan merek Mercedes-Benz? merek Mercedes-Benz merupakan salah satu merek terkuat di dunia.

Merek Mercedes-Benz ini sepertinya melambangkan kekuatan dan kemewahan yang diidamkan banyak orang.

Line up mobil Mercedes-Benz pun sangat beragam walaupun mostly didominasi oleh mobil sedan.

Akhir-akhir bahkan mulai merambah ke jenis kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) dan menjelang akhir 2021 ini mereka kembali mengeluarkan jenis baru Multi Purpose Vehicle atau kita kenal dengan MPV.

Mercedes-Benz bahkan sampai menggaet skateboarder ternama Tony Hawks sebagai brand ambassador saat meluncurkan mobil jenis low MPV listrik ini yang diberi nama Mercedes-Benz EQT Vans.

Sewaktu saya melihat video launchingnya desainnya sangat futuristik. Walaupun tetap khas MPV, namun emblem Mercedes-Benz di Gril depan dan di setir pengemudi tetap memberikan sensasi luxurious yang sulit didapatkan dari merek lainnya.

Dengan peluncuran mobil jenis baru ini, maka portofolio Mercedes-Benz menjadi sangat lengkap dan rasa-rasanya akan cocok dengan selera alami di Indonesia yang butuh kendaraan fungsional.

Yang menarik adalah apakah jika logo Mercedes-Benz tersebut saya ganti dengan logo merek lain responsnya akan tetap sama atau sebaliknya.

Apakah penjualannya akan sukses atau sebaliknya? Bagi saya jawabannya adalah sangat mungkin jika saya ganti logo Mercedes-Benz dengan merek lain hasilnya akan sangat berbeda.

Hal ini merupakan suatu fakta bahwa nama besar Mercedes-Benz tersebut dibangun di atas kekuatan merek yang sangat esensial dan dibentuk secara konsisten di tahun-tahun sebelumnya.

Alasan Hal Ini Penting

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun