Mohon tunggu...
Andesna Nanda
Andesna Nanda Mohon Tunggu... Konsultan - You Are What You Read

Kolumnis di Kompas.com. Menyelesaikan S3 di Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Misteri Umur Berakhirkan Angka 9

4 Juli 2021   17:07 Diperbarui: 9 Juli 2021   09:15 1035
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Memasuki dekade akhir | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Pernahkah kamu ketika umur kamu akan menjelang akhir dekade, misalnya 29, 39, 49, dan seterusnya, kamu merasa mempunyai energi yang lebih besar?

Atau pernahkah kamu menjelang akhir dekade umur kamu kemudian muncul rasa penasaran untuk mencoba hal-hal baru yang sebelumnya hanya kamu cita-citakan?

Bisa jadi ketika kamu menjelang akhir dekade umur kamu, mendadak lebih banyak termenung memikirkan hal-hal yang sudah terlewatkan selama ini. Pernah?

Saya pernah. Saat ini umur saya 39 tahun, beberapa bulan menjelang 40 tahun jika Tuhan memberikan umur panjang. Saya merasa saya mempunyai energi yang sedikit berlebih dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Saya di bulan Mei 2021 memutuskan untuk memulai menulis di Kompasiana untuk pertama kalinya! Padahal saya bergabung sudah sejak tahun 2010. Bisa dibayangkan 11 tahun saya melewatkan waktu untuk menulis. Waktu yang sudah tidak mungkin kembali lagi. 

Saya merasa otak saya lebih terbuka dalam melihat dan menyintesis berbagai pengetahuan yang berpadu dengan pengalaman.

Hal ini juga membuat saya bisa menulis dengan cukup lancar dan beberapa artikel saya beruntung mendapat kehormatan dipilih menjadi artikel utama. Saya bahkan mulai menulis cerita pendek, sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Sungguh, ini suatu hal yang tidak saya duga sebelumnya. Namun apakah itu semua ada kaitannya dengan umur yang berakhirkan angka 9? Ternyata memang ada penjelasan ilmiah untuk hal ini.

Jika kamu pernah mengalami hal-hal di atas atau seperti yang pernah saya alami, maka kamu mengalami suatu fenomena yang disebut dengan  "nine-ender", yang disebutkan di dalam buku Daniel Pink berjudul When: The Scientific Secrets of Perfect Timing. 

Apa Itu Fenomena Nine-Ender?

Dalam kehidupan nyata, kita banyak berkutat dengan upaya mengubah perilaku dan kebiasaan kita sendiri. Jika perilaku sudah berubah menjadi kebiasaan, cukup sulit bagi kita untuk mengubah perilaku tersebut karena otak kita sudah menjalankan moda otopilot.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun