Mohon tunggu...
Nancy S Manalu
Nancy S Manalu Mohon Tunggu... Wiraswasta - I am K-lover, so what...

To understand yourself, write

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Di Atas Minyak, di Bawah Minyak

4 November 2021   11:08 Diperbarui: 4 November 2021   11:15 220 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Sepertinya sudah lebih dari dua bulan harga minyak goreng naik dan ini tentu saja cukup meresahkan kaum emak-emak dompet pas-pasan seperti saya. Biasanya kalau ke swalayan masih bisa pilih merek Sun*o tapi berhubung harga naiknya lumayan, yasudah saya memutuskan pindah merek yang penting lebih murah, seperti Fortu*e atau Rose*rand. 

Di rumah saya kebanyak memasak ikan memang digoreng, apalagi kedua anak saya sukanya ikan yang garing, kriuk, yang masih lembek dianggapnya seperti belum masak saja. Untuk beberapa ikan yang enak dan tidak terlalu amis seperti tuna, ikan tongkol, ikan mas dan ikan gembolo bisa dimasak dengan arsik atau asam padeh tanpa menggunakan minyak goreng. Arsik dan asam padeh menurutku beda tipislah. Arsik adalah makanan khas masyarakat suku Batak (andaliman dan bawang batak adalah bumbu spesialnya) sedangkan asam padeh (masakan khas Minang) dan arsik biasanya tidak menggunakan terlalu banyak air dan dimasak sampai agak kering.

Selain itu, gulai ikan tanpa ditumis juga bisa jadi pertimbangan untuk beberapa ikan seperti : gurami, ikan bawal, kakap, nila dan mujair. Untuk beberapa ikan yang masih enak untuk disop atau dikukus seperti ikan gabus dan salmon memang sebaiknya tidak digoreng karena dikatakan akan mengurangi fungsi baik dari kedua ikan tersebut. Tetapi beberapa ikan memang sulit juga untuk tidak digoreng mengingat bau amis yang luamayan tajam dan ada yang berlendir seperti : ikan lele, ikan sereh. 

Memasak tanpa minyak untuk sayuran sudah kami biasakan sejak lama, selalu sayur direbus langsung dengan tambahan bahan pelengkap rasa seperti bawang merah, bawang putih, tomat yang diiris atau ditumbuk halus ditambahkan dengan alternatif tahu, tofu atau tempe supaya sayurnya lebih ramai dan teksturnya beragam. Yang paling wajib memakai minyak adalah untuk tumisan sambal tetapi sebenarnya masih bisa diakalin dengan sambal yang semua bahannya dikukus dahulu lalu diblender/ dihaluskan dengan garam tanpa dimasak lagi. Dalam seminggu, biasanya saya menggoreng ikan 3 atau 4 kali selebihnya digulai, diarsik atau sop bergantian. Jadi 2 liter minyak goreng di rumah saya (4orang) bisa tahan sampai 20 hari.

Ada yang menarik ketika saya membeli minyak goreng di sebuah swalayan dekat komplek perumahan dan kebetulan berbincang dengan pemiliknya yang masih satu arisan dengan saya. "Koq minyak goreng gak turun-turun ya harganya." Si pemilik berkata : Baguslah ,bu, sebenarnya harga minyak naik, perekonomian Riau ini meningkat loh. Saya pun tertawa mendengarnya : "Tapi kami gak kerja di sektor sawit jadi kami menjerit kalau naik. 

"Yang penting banyak yang makin baik saja bu, lha, di atas minyak, di bawah pun minyak..."katanya lagi.

Resep singkat Arsik ala Saya :

Bahan :

1. Ikan Mas 1kg (Rp 40.000)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan