Mohon tunggu...
Rana Aida Aurelif
Rana Aida Aurelif Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Loving Kitty

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Koordinasi bagi Seorang Pimpinan

16 November 2022   11:53 Diperbarui: 16 November 2022   11:57 688
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Koordinasi merupakan salah satu hal vital bagi seorang pemimpin. Peluang mencapai tujuan akan semakin besar jika memiliki koordinasi yang baik. Hal ini, berhubungan dengan tugas untuk menyatukan usaha agar dapat mencapai tujuan. Tak jarang juga, saat melakukan koordinasi yang sudah direncakan tidak berjalan dengan baik atau tidak teraplikasikan dengan baik. Oleh karena itu, koordinasi merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin. Berikut beberapa cara agar koordinasi dapat berjalan dengan baik :

  • Agar koordinasi dapat berjalan dengan efektif dan efesien, hendaknya melakukan perencanaan yang matang sebelumnya. Seperti waktu pelaksanaan, agenda yang akan dilakukan, dan juga siapa saja yang akan terlibat di dalamnya.
  • Memiliki persepsi yang sama agar tujuan dapat dicapai. Walaupun memiliki tugas dan tanggungjawab yang berbeda, tiap pihak wajib mengetauhi bahwa itu semua dilakukan agar tujuan yang ingin dicapai dapat diraih,
  • Setiap anggota harus dapat memahami posisi dan tanggung jawab serta tugasnya masing-masing. Bagi seorang pemimpin, ia harus bisa mengetauhi apa yang akan disampaikan dan memahami situasi sekitarnya.
  • Saling menghargai dan sikap yang terbuka juga berlaku bagi seluruhnya termasuk pemimpin. Dalam koordinasi, ada waktunya bagi salah satu pihak mengikuti perintah atau pengaturan yang diberlakukan, akan tetapi hal tersebut harus diselingi dengan sikap saling menghargai.
  • Untuk mengetauhi koordinasi yang baik sudah dilakukan, menerima umpan balik merupakan salah satu caranya. Hal ini diperlukan agar dapat mengetauhi respon segala pihak yang terlibat, serta mengetauhi bahwa koordinasi dilakukan dengan baik dan dapat diterima, serta celah maupun kekurangan yang ada didalamnya .
  • Terhadap monitoring dan evaluasi, penegasan merupakan hal yang perlu dilakukan. Hal ini dilakukan agar pencapaian tujuan lebih terarah. Selain itu, pemimpin juga harus bisa memotivasi agar pihak yang terlibat di dalamnya akan yakin dan terdorong olehnya yang dapat mempengaruhi kinerja setiap anggota tim untuk mencapai hasil yang maksimal.
  • Sebagai seorang pemimpin juga perlu melakukan komunikasi atau pendekatan yang bersifat informal (tidak dalam konteks kerja) hal ini bermanfaat untuk meningkatkan bonding dengan tim. Selain itu, ini akan membuat pemimpin meningkatkan kepercayaan dan respect dari anggotanya sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dalam lingkungan kerja.

Mengapa koordinasi itu penting? Mungkin ada beberapa dari kalian yang berfikir apa pentingnya sebuah koordinasi? Bukankah dengan pola fikir yang sama, serta perencanaan yang matang dapat mencapai tujuan yang diinginkan? Disini saya akan sedikit menjelaskan pentingnya koordinasi dalam sebuah organisasi maupun sebuah lingkup kerja. Berikut pentingnya sebuah koordinasi :

  • Mencegah timbulnya masalah dalam pekerjaan, seperti kekacauan, percecokan maupun kekosongan dalam pekerjaan.
  • Agar setiap orang yang terlibat dalam menyelaraskan serta diarahkan untuk mencapai tujuan yang dituju.
  • Dapat memanfaatkan sarana prasarana dengan baik untuk mencapai tujuan.
  • Agar semua tugas, kegiatan serta pekerjaan terintegrasi pada sasaran yang dituju.

Ada saatnya koordinasi yang sudah dilakukan dengan cara baik dan benar tidak dapat berjalan dengan semestinya. Terlalu banyak koordinasi, dapat membuat anggotanya merasa terbebani dan mengganggu produktivitas dalam tim anda. Berkoordinasi memang tidak mudah, hal ini dapat menjadi tantangan dalam menjaga produktivitas tim, yang selalu dihadang oleh hambatan dan kesalahan-kesalahan yang akan datang. Salah satu hal yang penting dalam saat berkoordinasi yaitu belajar dari tantangan yang ada dan memperbaiki pendekatan dengan tim agar proyek yang akan dijalankan selanjutnya dapat berjalan lebih maksimal dan berjalan lebih baik dari sebelumnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun