Mohon tunggu...
Nadia
Nadia Mohon Tunggu... Pelajar -

Pelajar SMKN 9 Bandung, Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Generasi Z, "It Sounds Like a Wonderful Opportunity"

5 Desember 2017   00:52 Diperbarui: 5 Desember 2017   03:08 1477
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Definisi rentang umur Generasi Z, bisa bermacam-macam. Namun terlepas perbedaan tahun tersebut, para sosiolog semua sepakat kalau Generasi Z adalah orang-orang yang lahir di generasi internet, generasi yang sudah menikmati keajaiban teknologi usai kelahiran internet.

Jika Generasi Z pertama adalah mereka yang lahir pada dalam rentang tahun 1995-2000-an, artinya orang yang paling tua dari Generasi Z Indonesia sudah berumur 22 tahun, mereka sudah beranjak dewasa, sudah ikut pemilu, mencari atau bahkan sudah punya pekerjaan, dan hal-hal lain yang bisa mempengaruhi ekonomi, politik, dan kehidupan sosial dunia kini.

Pada dekade terakhir, Generasi Z terus diteliti. Dari preferensi politik, ekonomi, hingga gaya hidup. Sebab, di dunia ini, belum pernah ada generasi yang sejak lahir sudah akrab dengan teknologi, seperti Generasi Z.

Kedekatan generasi ini dengan teknologi sekaligus membuktikan masa depan sektor tersebut akan semakin cerah di tangan mereka.

Hellen Katherina, Executive Director, Head of Watch Business, Nielsen Indonesia pernah mengemukakan bahwa Gen Z  adalah masa depan.

Menurut mereka, Generasi Z ini memiliki banyak opportunity yang terbuka luas dari dunia kreatif yang diciptakan oleh generasi di atasnya atau dua generasi di atasnya yang masuk dalam gelombang informasi, information society.

"wow, It sounds like a wonderful opportunity."

Bagiku dengan adanya internet dan sebagainya, platform sekolah berubah, cara belajar berubah menjadi lebih fun. Ok, semua menjadi serba smart (specific, measurable, attainable, relevan, dan time scale).

-*-*-*-

Kisah atau pengalaman seseorang dari Generasi Z pengguna KPA? Eum.. Baiklah.., bagaimana kalau Aku. He-Hee

Berikut ini adalah sebuah ilustrasi percakapan singkat antara si A dan si B, yang saya kutif dari sebuah laman dengan penyesuaian.

A: "Siapakah kamu sebenarnya?"
B: "Aku adalah si B"
A: "Aku tidak bertanya tentang namamu, aku bertanya siapa kamu?"
B: "Aku seorang pedagang"
A: "Aku tidak bertanya profesimu, melainkan siapa kamu?"
B: "Aku adalah manusia"
A: "Aku tidak menanyakan jenismu, siapa kamu sebenarnya?"
B: "??????????????"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun