Mohon tunggu...
Nana Rohamna
Nana Rohamna Mohon Tunggu... Jurnalis - Fabiayyi alaa'i rabbikuma tukadziban

Mahasiswi Pendidikan Kimia UIN Jakarta, Aktivis LPM Institut UIN Jakarta, Duta Damai Asia Tenggara

Selanjutnya

Tutup

Politik

Yulisa Jadi Sahabat Pemuda Migran

7 Februari 2019   18:50 Diperbarui: 7 Februari 2019   18:59 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tidak hanya restorasi sistem dan budaya tapi peradaban Millenial yang sudah memasuki babak baru.

Indonesia 5.0 artinya, Yulisa menggunakan dua hastag yakni;

#SayaSahabatPemudaMigran
#AyoPulangJadiPengusaha

Dari dua hastag tersebut ditambah dengan paparan lugas dan detil Yulisa.

Ia adalah mantan anggota DPRD dan wakil Bupati Kabupaten Minahasa Utara, Yulisa Baramuli,SH, kini maju menjadi Bacaleg Nomor Urut 5 dari partai Nasdem.

"Saya concern dengan isyu pembelaan buruh Migran yang sudah saya minta STOP sebut mereka Buruh tapi mereka adalah Pekerja, saya menyebutnya Pemuda Migran dan saya ikrarkan diri jadi Sahabatnya. Untuk itu ada dua hastag tersebut dengan 3 Isyu yang harus saya perjuangkan sampai ke proglenas saat menjabat sebagai anggota legislatif periode mendatang yakni;

1. Penggerak Pemuda Migram SocialPreneur Indonesia 5.0
2. Pengagas Pemuda Migran Hong Kong dan Macau yang Cerdas dan Aktif lanjutkan Revolusi MentaL
3. Insiator Pemuda Migran Care berbasis digital, "paparnya lugas.

Yah, tidak lagi 4.0 dengan IoTnya Internet of Things tapi sekarang sudah apps dan Artificial Intelegence, bukan?

Mereka kerja di Hong Kong yang jadi gerbang teknologi dan industri 5.0, jangan pernah sepelekan TKW, mereka adalah PEMUDA.

Mengapa 2019 ini kita tidak mengkonkritkan saja PMI sebagai singkatan Pemuda Migran Indonesia sebagai Duta Wisata dan Garda Bangsa.

"Mereka berinteraksi dan berkomunikasi dengan bangsa lain, beda agama dan bahasa tapi dipercaya 10-15 tahun saya terkesima dari buku Saya Bangga Jadi TKW dan Videonya bersama dengan majikan masing-masing dari Be Indonesian Smart n Active disingkat BISA, saya bangga dengan mereka yang sudah banyak jadi pelaku ekonomi kreatuf, model profesional, desainer, fotografer pro sampai penyanyi dan DJ. Tidak sedikit dari mereka sudah jadi pengusaha sehingga saya punya hastag #AyoPulangJadiPengusaha, saya siap fasilitasi usaha mereka sebagai startup dengan aplikasi khusus dimana mereke dengan mudah menjangkau pasar dunia tidak hanya lokal," jelasnya optimis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun