Mohon tunggu...
Nur  Amalia
Nur Amalia Mohon Tunggu... Administrasi - akun pribadi

Mahasiswa Pendidikan Sejarah, suka menulis artikel dan melakukan penelitian Ilmiah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendidikan Karakter Dimulai sejak Dini

2 November 2022   19:22 Diperbarui: 2 November 2022   19:36 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di era sekarang pendidikan sudah menjadi tolak ukur sebuah kemajuan negara terutama di kehidupan masa kini yang semuanya sudah menggunakan teknologi. Pendidikan karakter harus sudah diterapkan di lingkungan terkecil yaitu dimulai dari kelurga. 

Orang tua harus memahami pentingnya pendidikan karakter agar tercipta generasi yang lebih berkualitas. Sayangnya pada masa kini orang tua kurang memahami akan pentingnya pendidikan karakter, dan hanya menyerahkan sepenuhnya kepada guru di sekolah. Karakter adalah bawaan kepribadian manusia yang mengacu pada personalitas, watak, dan sifat.

Karakter meengacu pada perilaku, motivasi dan keterampilan seseorang. Karakter diri akan terbentuk dengan sendirinya sesuai dengan lingkungan, sekolah, guru, teman dan orang tua. Karakter bukan merupakan hal yang diwariskan tetapi bisa dilihat dari kebiasaan yang dilakukan orang itu dalam kehidupan sehari -- hari. 

Menurut buku automic habbit karangan james clear bahwa kebiasaan bisa dibentuk selama 21 hari dan bisa membentuk karakter diri. Misalnya kita ingin belajar hal baru terkait apapun iyu bisa dilakukan dengan cara melakukan kebiasaan itu selama terus menerus dan berkelanjutan.

Setiap orang bertanggung jawab atas karakter yang mereka miliki sendiri, orang lain tidak dapat mengatur dan mengontrol karakter tersebut. Karakter dapat mengendalikan perilaku kita di kehidupan sehari hari oleh karena itu berhati hatilah dengan kebiasaan yang dilakukan oleh kita setiap harinya. Karena masa lalu yang pernah kita lakukan agar berdampak di kehidupan masa depan. 

Pendidikan karakter tidak hanya dilakukan di lingkungan keluarga tetapi juga di lingkungan sekolah yaitu terkait moral, etika, estetika, adab, budaya, bahasa, dan kita harus dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari.

Kreativitas dan inovasi diperlukan oleh anak untuk mengembangkan potensi dirinya ke arah yang lebih baik, peran guru dan orang tua sangat diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut. Guru dan orang tua harus memiliki pemikiran out of the box dan terbuka wawasannya. Bahkan ada sebuah kalimat jika kita kehilangan karakter kita berarti kehilangan semuanya.

Ada beberapa alasan pendidikan karakter itu sangat penting diantaranya:

  • Cara untuk membuat anak memiliki kepribadian yang baik
  • Cara untuk meningkatkan prestasi di sekolah
  • Meningkatkan kualitas diri
  • Mempersiapakan siswa untuk membentuk karakternya sendiri sampai tumbuh dewasa
  • Dapat meningkatkan pengetahuan moral.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun