Mohon tunggu...
Nalinda Esti Gutari
Nalinda Esti Gutari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo! Saya Nalinda Esti Gutari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemberian Materi dan Pendampingan Pembuatan Media Digital di SDN 02 Girimoyo

20 September 2022   08:12 Diperbarui: 20 September 2022   12:00 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendampingan dari mahasiswa kepada guru di SDN 02 Girimoyo

Dengan terlaksananya kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang, kegiatan ini dilaksanakan mahasiswa dengan dampingan dosen pembimbing yang biasanya dapat disebut mitra dosen yaitu Ibu Dian Ika Kusumaningtyas, M. Pd dan Ibu Falistya Roisatul M.N, M. Pd. Jadi ada kerjasama antara dosen dengan mahasiswa agar dapat terlaksananya kegiatan ini dengan baik. Pada tanggal 29 Agustus 2022 kita melakukan pemberian materi pembuatan media pembelajaran berbasis digital bersama bapak ibu SDN 2 Girimoyo dengan menggunakan aplikasi powtoon. Pada tanggal 1 September 2022 kita memberikan materi pembuatan bahan ajar menggunakan aplikasi canva. Saat proses berlangsung bapak ibu guru sangat tertarik dengan membuat media pembelajaran dan bahan ajar menggunakan aplikasi ini. Karena tidak mengeluarkan biaya yang banyak dan lebih menarik untuk digunakan saat mengajar sehingga siswa menjadi tidak bosan. Namun juga memiliki kekurangan yaitu harus memerlukan internet yang lancar.

Proses pendampingan guru SDN 02 Girimoyo 
Proses pendampingan guru SDN 02 Girimoyo 
Pada tanggal 30 Agustus 2022 bapak/ibu guru mulai melakukan pendampingan mengenai media pembelajaran yang dimana didampingi oleh Mahasiswa PMM UMM. Sedangkan pada tanggal 2 September 2022 bapak/ibu melakukan pendampingan mengenai perangkat pembelajaran khususnya bahan ajar yang didampingi langsung oleh mahasiswa beserta dosennya yakni Ibu Dian dan Ibu Falis. Ketika proses pendampingan berlangsung guru-guru sangat excited karena mereka bisa mendapatkan ilmu baru mengenai pembuatan media pembelajaran dan bahan ajar berbasis digital. Dimana dengan adanya beberapa aplikasi tersebut didalamnya termuat beberapa fitur yang canggih yang dapat memudahkan bapak/ibu dalam melaksanakan tugasnya sebagai fasilitator bagi murid-muridnya. Dengan demikian diharapkan guru dapat terus menciptakan karya kreatif yang digunakan untuk mengajar agar pembelajaran menjadi bervariasi dan dapat menumbuhkan semangat belajar siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun