Mohon tunggu...
Muhammad Luthfi khoirul Adib
Muhammad Luthfi khoirul Adib Mohon Tunggu... ngevlog

Tetap semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Analisis tentang Pembentukan Kepribadian Anak

11 Juni 2021   21:01 Diperbarui: 11 Juni 2021   21:11 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Analisis tentang Pembentukan Kepribadian Anak
dokumentasi pribadi

NAMA     : Muhammad Luthfi Khoirul Adib

NIM          : 191310004174

KELAS    : 4 PAI A7

MATERI : Metode Penelitian Dalam Psikologi Perkembangan

PENDAHULUAN

           Banyak ahli yang mengemukakan konsep-konsep kepribadian (personality), seorang ahli kedokteran ataupun psikologi dari Yunani, Hipocrates lebih melihat kepribadian sebagai cairan biokimia dalam tubuh yang memiliki pengaruh pada perilaku individu, yang kemudian diistilahkan dengan temperamen, lalu Hipocrates membagi temperamen menjadi 4 macam, yaitu Sanguinis, Melankolis (murung), Plegmatis ataupun Khoierik (Surabrata 1988). Sementara itu AllPort mendefinisikan kepribadian sebagai organisme psikofisiologis yang dapat dipergunakan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosial, organisme psikis meliputi bakat, minat, sikap, kecerdasan, emosi kemampuan berpikir, berimajinasi dan memori sedangkan organisme fisik berhubungan dengan aspek fisik seperti tinggi badan, berat badan dan kurus gemuk (Hall dan Lindzay, 1978; Morgen, et al, 1986).

          Kepribadian sulit untuk diukur sebab perilaku tidak selalu mencerminkan diri individu yang sebenarnya. Jadi kepribadian didefinisikan sebagai organisasi dinamis dari sistem-sistem psikofisis dalam diri individu yang menentukan penyesuaiannya yang unik terhadap lingkungan

PEMBAHASAN.

Aspek-Aspek Kepribadian

  • Aspek Biologis

       Kenyataan yang bersifat biologis dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang. Seorang ahli berpendapat yaitu Kretchmer bahwa kepribadian dapat dilihat dari bentuk tubuh. Bentuk tubuh bisa mempengaruhi aspek biologis, tidak sedikit orang yang merasa minder karena bentuk tubuhnya yang kurang bagus yang mengakibatkan rasa tidak percaya diri dan merasa malu apabila bertemu dengan orang lain.

        Dari segi fisik (pembawaan psikologis) seseorang ada yang tidak dapat dipengaruhi oleh lingkungan misalnya bentuk mata, letak hidung, dan termasuk bentuk anggota badan, ada yang pada mulanya bentuk tubuhnya bagus karena terserang penyakit maka menjadi kurang sempurna, dengan demikian antara pembawaan dan pengaruh dari luar saling mempengaruhi.

  • Aspek Psikologis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN