Mohon tunggu...
Najmie Zulfikar
Najmie Zulfikar Mohon Tunggu... Putra : Hamas-ruchan

Pe[ngen]nulis | Konten Kreator YouTube | Channel : James Kalica

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

One Day Trip: Naik Sancaka, Malemnya Nginep di Cordela

25 Februari 2020   03:39 Diperbarui: 25 Februari 2020   03:50 182 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
One Day Trip: Naik Sancaka, Malemnya Nginep di Cordela
kartika-dewi-5e54324a097f360bfa6ae092.jpg

Tipe Deluxe Twin dari Cordela Hotel Kartika Dewi, Jogjakarta (Sumber: www. hotels.com)

Kalau ditanya sudah pernah naik kereta? Jawabnya tentu, sudah.

Kalau ditanya sudah tau ada kereta baru untuk tujuan ke Jogjakarta? Jawabnya, juga sudah. Sudah pernah nyoba? Kalau ini jawabanya, belum pernah.

Sebagai warga di kabupaten Grobogan - Jawa tengah sangat antusias sekali terhadap kehadiran Kereta Api Sancaka Utara relasi (Pasar Turi Surabaya-Kutoharjo PP). Begitu pula masyarakat di sekitar Bojonegoro, Blora, Cepu. Kini mereka dapat bepergian ke Jogyakarta menggunakan moda transportasi kereta api. Tak perlu lagi, ke Surabaya dulu untuk bisa berkunjung ke Kota Pelajar. Sekarang sudah bisa langsung. Tinggal bablas wae.

Jika dilihat daerah ini memang berada di daop IV Semarang yang posisinya berada di jalur tengah. Sebenarnya untuk jalur Bojonegoro-Grobogan via Stasiun Gundih sudah ada sejak zaman Belanda. Namun jalur tersebut baru di reaktifasi pada tahun 2019.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) Tahun 2019 PT KAI (Persero), mulai 1 Desember 2019 sejumlah perjalanan KA akan mengalami perubahan jadwal keberangkatan. Penetapan Gapeka 2019 merupakan pengganti gapeka 2017 yang lazim digunakan oleh PT. KAI. "Kebijakan tersebut diambil untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan akan layanan kereta api yang dapat diandalkan," tandas Edi Sukmoro selaku Direktur Utama PT. KAI (Persero).

Penetapan Gapeka 2019 ini tentunya akan mempengaruhi jadwal perjalanan KA, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi KA, dan hadirnya KA-KA Baru. Salah satunya hadirnya KA Sancaka Utara.

Hasrat untuk mencoba Sancaka Utara

Kehadiran Sancaka Utara membuat banyak orang untuk mencobanya. Tak terkecuali si penulis. Walaupun sama saja seperti pada umumnya saat naik kereta, sepertinya ada keinginan tersendiri dan misi yang hendak dituntaskan. Jika diizinkan keinginan penulis adalah 'One Day Trip: Naik Sancaka, L Malemnya Nginep di Cordela Hotel Kartika Dewi Jogjakarta'.

Mungkin 'One Day Trip' hadir sebagai jawabannya. Mengingat hal ini dipilih karena memang padatnya pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan. Akan tetapi, kita dapat liburan ditengah-tengah kesibukan yang menerpa keseharian. Tentunya, agar pekerjaan berjalan lancar, kondisi pikiran butuh penyegaran.

jadwal-su-5e542effd541df0fb417c3e2.jpg
jadwal-su-5e542effd541df0fb417c3e2.jpg
Jadwal Kereta Api 'Sancaka Utara' Relasi Surabaya Pasar Turi- Kutoarjo PP (Sumber: KAI. id) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x