Mohon tunggu...
Najma Olfia
Najma Olfia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi mendengarkan musik dan menonton film fiksi.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

5 Juli 2022   15:30 Diperbarui: 5 Juli 2022   15:31 156 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sering digunakan oleh seluruh umat manusia di seluruh dunia. Di negara kita, selain bahasa Indonesia, kita mengenal beberapa bahasa asing. Bahasa asing yang sering digunakan dan dikenal banyak orang adalah bahasa Inggris

Bahasa Inggris di masa sekarang ini sangat dibutuhkan untuk berbagai macam bidang. Seperti yang kita tahu, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang diakui saat ini di seluruh dunia. Kebanyakan masyarakat mengenal bahasa Inggris mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. 

Tidak sedikit yang menyukai bahasa asing ini dan tidak sedikit pula yang menghindarinya. Bagi orang yang benar-benar menyukai bahasa Inggris, mereka menyebutnya sebagai sebuah tantangan karena mempelajari bahasa ini memang tidak mudah. 

Seseorang yang memiliki minat terhadap bidang ini biasanya akan melanjutkan studi mereka sampai perguruan tinggi dengan mengambil jurusan yang sesuai.

Mungkin bagi sebagian orang, mengambil program studi bahasa cukup menantang karena tidak semudah yang dibayangkan meskipun di dalamnya hanya membahas seputar tatanan bahasa beserta kaidah-kaidah yang harus diterapkan. 

Tapi dalam kenyataannya, program studi bahasa cukup sulit untuk dijalani. Tidak hanya bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa kita sendiri pun bahasa Indonesia sudah cukup sulit untuk menulis sesuai struktur dan kaidah-kaidahnya. Untuk mempelajari bahasa memang banyak hal yang harus diketahui. Yang terpenting adalah seberapa minatnya kita dalam bidang tersebut.

Dalam belajar bahasa Inggris, ada beberapa skill (kemampuan) yang harus kita kuasai. Beberapa skill dalam bahasa Inggris yang dapat dikembangkan di antaranya adalah reading, writing, listening, dan speaking

Skill-skill ini merupakan skill yang sudah terdengar familier untuk menguasai bahasa Inggris. Dalam mempelajari bahasa Inggris, banyak strategi yang dapat digunakan untuk menguasainya dengan mudah. 

Beberapa strategi yang sering digunakan ialah dengan menghafal kosa kata atau vocabulary sebanyak yang kita mampu. Dalam sehari, kita dapat menghafal 5 sampai 10 kosa kata baru. 

Dengan melakukannya secara berulang, strategi yang basic ini cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seseorang walau baru sampai ke dalam teknik menghafal. 

Bila dirasa cukup menguasai atau cukup untuk mengingat kosa kata tersebut, biasanya orang-orang memiliki strategi lain untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan