Mohon tunggu...
Najla Ledy hulopi
Najla Ledy hulopi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

I'm Najla Ledy Hulopi sebagai mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Arti Pentingnya dan Ruang Lingkup Wawasan Budaya Nusantara

6 Desember 2022   08:18 Diperbarui: 2 Januari 2023   21:10 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ARTI PENTINGNYA DAN RUANG LIGKUP WAWASAN BUDAYA NUSANTARA

Najla Ledy Hulopi dan Novianty Djafri

Wawasan  Budaya. Manejemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

ABSTRAK

Wawasan Budaya berasal dari perpaduan dari kata wawasan budaya. Wawasan berarti pengetahuan atau ilmu, sedangkan Budaya adalah adat istiadat, peraturan bahkan norma dalam masyarakat yang senantiasa di kembangkan oleh masyarakat itu sendiri sehingga nusantara menjadi berkembang menjadi modern.

A. Latar Belakang

Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa tentang dirinya ditengah-tengah lingkungan strategi yang bergerak serba cepat dan dinamik,agar bangsa tersebut tetap eksis dan servief. Pengertian lain dari wawasan nusantara secara termology diartikan sebagai cara pandang sebuah nation state tentang diri Dan lingkungan strategiknya yang berubah secar dengan dinamik mempetimbangan aspek culturall, histories, geografis, ruang lingkup,idealisme, falsafah Negara konstitusi, aspirasi, identitas,integritas kelangsuran hidup dan perkembangan kehidupannya serta kemampuan daya saingnya.

 

Pengertian wawasan nusantara berdasarkan ketepatan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN adalah sebagai berikut : wawasan nusantara yang merupakan wawasan nasional yang bersumber pada pancasila dan berdasarkan UUD 1945 adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

B. METODE

Penulisan artikel ini dilakukan dengan cara menggunakan metode literature, literature adalaha sumber atau acuan yang digunakan untuk berbagai keperluan didunia pendidikan. Literature disebut juga dengan rujukan dan biasannya diambil dari sumber berapa buku, jurnal, dan karya tulis lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun