Mohon tunggu...
Najikhatul Umniyah
Najikhatul Umniyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswi Pendidikan Kimia yang sedang menempuh semester 7

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Digital Marketing oleh Mahasiswa KKN Unnes Giat 3 kepada Kelompok Tani di Desa Kemuning, Bejen, Temanggung

7 Desember 2022   07:00 Diperbarui: 7 Desember 2022   09:35 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN UNNES GIAT angkatan 3 sukses melaksanakan kegiatan Sosialisasi mengenai Pemanfaatan Digital Marketing untuk Pengembangan Pemasaran pada Usaha Home Industry di Desa Kemuning, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung.

Kegiatan sosialisasi ini didasari oleh belum maksimalnya penjualan ataupun pemasaran dari hasil UMKM di Desa Kemuning, khususnya Kopi Kemuning. Tidak hanya kopi saja yang dihasilkan dari Desa Kemuning tapi juga Madu, Criping dan lain sebagiannya. Pemanfaatan digital marketing ini sebagai cara untuk tetap bertahan dan juga beradaptasi dengan perkembangan zaman, dan juga terjadinya perubahan paradigma masyarakat yang mulanya berbelanja di pasar beralih ke online karena adanya pengaruh digitalisasi.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 05 Desember 2022 di Balai Desa Kemuning yang diikuti oleh para kelompok tani dan pegiat UMKM di Desa Kemuning. Selain sosialisasi, mahasiswa KKN UNNES Giat 3 juga melakukan pendampingan terhadap kelompok tani atau pegiat usaha yang berminat dalam pembuatan akun di market place.

"Dari sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini  diikuti oleh kelompok tani harapannya hasil produk dari UMKM khususnya kopi kemuning yang menjadi produk unggulan bisa dikenal di seluruh Indonesia melalui pemasaran digital tersebut. Karena saya menjamin atas citarasa, bentuk dan juga kualitas dari kopi kemuning yang termasuk grade A. Mungkin sekarang masyarakat belum peduli terhadap pemasaran melalui digital tetapi nanti kedepannya pasti akan membutuhkan karena perkembangan zaman. Terimakasih juga kami sampaikan kepada Mahasiswa KKN Unnes Giat 3 di Desa Kemuning yang telah menyelenggarakan sosialisasi dan juga saya harapkan bisa melakukan pendampingan terhadap kelompok tani dalam pembuatan akun untuk memasarkan produknya." Jelas Bapak Tumardi selaku Kepala Desa Kemuning.

Model pemasaran berbasis digital diharapkan dapat diadopsi oleh pelaku usaha UMKM di Desa Kemuning dalam memasarkan dan juga mempromosikan produknya sehingga dapat meningkatkan pendapatan usaha mikro sehingga UMKM di Desa Kemuning dapat semakin berkembang. Tujuan dari sosialisasi dan pendampingan dari pemanfaatan digital marketing pada usaha home industry terhadap pelaku usaha mikro adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam melakukan pemasaran digital secara mandiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun