Mohon tunggu...
KKN TIM II Sendangmulyo
KKN TIM II Sendangmulyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNDIP

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Undip Bantu Pelaku UMKM dengan Video Singkat

6 Agustus 2021   01:05 Diperbarui: 6 Agustus 2021   01:08 37 0 0 Mohon Tunggu...

Semarang – Peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia yang tak bisa dibendung, juga dengan adanya PPKM yang diterapkan untuk menekan pergerakan masyarakat guna menghambat penyebaran virus COVID-19. 

Namun keadaan ini justru menimbulkan masalah baru yang berdampak juga bagi pemiliki usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), yang sebelumnya dapat berjualan sebagaimana mestinya secara langsung namun dengan adanya pandemi dan PPKM ini mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat sehingga berakibat pula pada turunnya pemasukan. untuk dapat mengatasi masalah tersebut pelaku usaha atau pemilik UMKM dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif untuk dapat meningkatkan pemasaran produknya dan juga untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Untuk membantu menangani masalah tersebut mahasiswa KKN undip TIM II mengambil inisiatif untuk membuat video edukasi tentang merek dan pendaftaran merek, diambilnya inisiatif ini dimaksudkan dengan adanya merek dari suatu produk akan mempermudah proses pemasaran secara online, terlebih lagi merek merupakan suatu penanda atau identitas dari suatu barang dan jasa. 

Lalu mengapa merek perlu didaftarkan?, karena merek sendiri merupakan asset hak kekayaan intelektual yang dapat dilindungi oleh hukum dengan cara mendaftarkannya.

Adapun pendaftaran merek ini juga dimaksudkan untuk menghindari adanya penyalahgunaan merek oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dan juga untuk menghindari sengketa merek, dikarenakan merek yang telah terdaftar dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan bagi pemilik yang berhak atas merek yang telah di daftarkan.

Dibuatnya video edukasi tentang pendaftaran merek tersebut dimaksudkan juga agar dapat mengjangkau masyarakat yang luas dengan diunggahnya video tersebut pada media YouTube, dan juga diharapkan dengan video tersebut dapat membantu para pemilik UMKM untuk dapat meningkatkan pemasarannya dengan dibuatnya merek yang menarik bagi produk yang dihasilkan, dan diharapkan pula bagi masyarakat umum yang baru akan memulai usahanya untuk memperhatikan aspek merek dalam menjalankan usahanya.


Oleh : Muhammad Najiib Al Fithri

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN