Mohon tunggu...
Naily Kamilia
Naily Kamilia Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger

Semoga Bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar PAI Melalui Metode Index Card Match

10 Juli 2020   18:34 Diperbarui: 10 Juli 2020   18:40 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PAIM MELALUIMETODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 KUNJANG KEDIRI 2018

NAILY KAMILIA
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri 2018E-mail : nailykamilia40@gmail.com

ABSTRAK
Materi belajar akan bisa sampai kepada siswa jika disampaikan dengan metode yang benar dan efektif. Dari sekian banyak metode yang digunakan dalam pembelajaran sekolah, ada metode index card match. metode ini dianggap paling intensif karena dilakukan secara individual, tujuannya dirumuskan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Uji validitas data dengan triangulasi dan member check. Sedangkan metode analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keaktifan siswa di SMPN 1 Kunjang dapat dikatakan masih rendah, hal ini dapat dilihat dari siswa yang kurang berani untuk bertanya dan menyatakan pendapat, kurang mandiri dan kreatif dalam proses pembelajaran. 

Upaya yang guru lakukan untuk meningkatkan aktivitas siswa adalah dengan menugaskan tugas dan menggunakan metode index card match. Faktor pendukung metode ini adalah membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran PAI, dan siswa menjadi lebih aktif ketika belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa menjadi sesak sendiri dan kelas menjadi berisik.

Kata kunci: Kegiatan Belajar, Metode Kartu Indeks Besar, Pendidikan Agama Islam.

ABSTRACT
Study material will be able to reach students if delivered in the right and effective method. Of the many methods used in school learning, there is an index card match method. this method is considered the most intensive because it is done individually, the purpose is formulated to increase student learning activity. 

This research uses qualitative research with a case study approach. Data validity test with triangulation and member check. While the method of data analysis, researchers used data reduction, data presentation and conclusion drawing. For the activeness of students in SMPN 1 Kunjang it can be said that it is still low, it can be seen from the students lacking the courage to ask questions and express opinions, less independent and creative in the learning process. 

The efforts that teachers do to improve student activity is by assigning assignments and using the index card match method. The supporting factor of this method is to make students more enthusiastic in following the PAI learning process, and students become more active when learning. While the inhibiting factor is that students become crowded themselves and the class becomes
noisy.

Keywords: Learning Activity, Great Index Card Method, Islamic Religious Education.

PENDAHULUAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun