Mohon tunggu...
Naila Fadilaa
Naila Fadilaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Senang tentang dunia pendidikan anak usia dini dan memiliki hobi horse back riding

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Program Kegiatan Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam bagi Anak untuk Mengembangkan Akhlak dan Literasi di SDN Karyawangi

7 Agustus 2022   23:45 Diperbarui: 3 September 2022   18:36 150 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bandung 5 Juli 2022 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meresmikan pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pada program ini pihak Universitas Pendidikan Indonesia telah membagi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) sesuai dengan wilayah yang telah peserta isi di laman LPPM UPI. Maka dari hal tersebut, salah satu kelompok 73 desa Karyawangi, kecamatan Parongpong. Mendapatkan tema dengan pendidikan sepanjang hayat. Untuk setiap anggota dari kelompok 73 desa Karyawangi ini memiliki topik sub-tema yang berbeda. Maka dari itu pada penulisan kali ini saya akan menjelaskan mengenai program kegiatan penanaman nilai-nilai agama Islam bagi anak untuk mengembangkan akhlak dan literasi di SDN Karyawangi. Diambilnya sub-tema tersebut dikarenakan terdapat fenomena dimana masih terdapat beberapa anak yang kurang bisa memanfaatkan waktunya seperti kurangnya memiliki rasa tanggung jawab dalam kewajibannya untuk belajar, nilai-nilai keseharian anak terhadap pembelajaran agama Islam yang masih kurang diberikan dan dipelajari, serta terdapat beberapa anak yang lebih tertarik untuk seharian bermain gawai. Maka dari itu untuk solusinya kelompok KKN 73 Desa Karyawangi merancang beberapa kegiatan agar anak senantiasa untuk senang belajar mengenai agama Islam dan menjadikan media teknologi seperti gawai sebagai media yang bisa dijadikan untuk sarana pendidikan belajar agama Islam.

Menurut salah satu guru dari wali kelas di SDN Karyawangi, mengatakan bahwa masih ditemukan beberapa permasalahan anak didiknya yang mengalami kecanduan gawai dan sulit untuk fokus belajar.  “Anak-anak jadi sulit untuk fokus dan sulit untuk memulai belajar karena terlalu sering bermain handphone”. – Ibu Dyah Wali Kelas 6 SDN Karyawangi

Sebelum dilaksanakannya program kegiatan, kelompok 73 KKN desa Karyawangi meminta izin terlebih dahulu kepada pihak yang berwenang seperti meminta izin kepada kepala sekolah SDN Karyawangi dan kepala desa Karyawangi. 

Selanjutnya meminta persetujuan dan arahan dari wali kelas 6A SDN Karyawangi terkait kegiatan yang akan dilaksanakan. Program ini dilaksanakan di SDN Karyawangi, dengan peserta seluruh murid kelas 6A dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. 

Berikut untuk beberapa kegiatan yang akan diterapkan kepada anak kelas 6A SDN Karyawangi selama 30 hari. Kegiatan pertama berupa pembiasaan sholat dhuha bersama di masjid agung Parongpong. Pada kegiatan ini anak-anak diberi kesempatan untuk membaca poster yang berisikan tata cara sholat dan tata cara berwudhu.

Kegiatan membaca buku tentang hadist-hadist/Dokumentasi pribadi
Kegiatan membaca buku tentang hadist-hadist/Dokumentasi pribadi

Lalu kegiatan yang kedua adalah melaksanakan tes hafalan surat pendek di dalam Al-Quran, dan membaca buku mengenai kisah para Nabi. Kegiatan yang ketiga adalah sosialisasi kepada orang tua mengenai Prophetic Parenting (pengasuhan anak ala Rasulullah) dengan tujuan agar pemberian program ini tidak hanya diberikan kepada peserta didik, namun orang tua juga dapat merasakan  manfaat dari adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini. Sosialisasi tersebut diberikan secara online melalui via whatsapp dengan memberikan materi melalui media PDF power point.

Sosialisasi Prophetic Parenting via Whatsapp/Dokumentasi pribadi
Sosialisasi Prophetic Parenting via Whatsapp/Dokumentasi pribadi

Kegiatan yang keempat berupa menghafal dan menyanyikan lagu mengenai rukun iman dan rukun Islam dan tes membaca Al-Quran. Untuk kegiatan yang kelima adalah menggambar salah satu dari 10 binatang dalam agama Islam yang akan masuk ke dalam surga. Dalam kegiatan menggambar ini murid 6A SDN Karyawangi banyak menggambar tema binatang paus yang menelan Nabi Yunus, dan burung hud-hud dalam kisah Nabi Sulaiman.

Kegiatan Menggambar /Dokumentasi pribadi
Kegiatan Menggambar /Dokumentasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan