Mohon tunggu...
Nahi
Nahi Mohon Tunggu... Mahasiswi UNISNU Jepara

Harta yang paling berharga adalah Keluarga

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Mengupas Arti "Witing Tresno Jalaran Soko Kulino"

4 Juli 2019   09:40 Diperbarui: 5 Juli 2019   15:21 0 2 1 Mohon Tunggu...
Mengupas Arti "Witing Tresno Jalaran Soko Kulino"
2459-3-5680d00a91dcfa0c9ce59cb053357f92-5d1f08bf097f36373b0057b2.jpg

Mungkin pernah mendengar ungkapan 'witing tresno jalaran soko kulino'. Entah itu di TV, YouTube atau mungkin diucapkan teman. Sedangkan bagi yang berasal dari luar pulau Jawa, atau bukan orang Jawa, pasti awalnya dibuat bingung apa maksud dari ungkapan tersebut. Lalu, apakah arti dari ungkapan tersebut?

"Witing Tresno Jalaran Soko Kulino" merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Jawa, yang kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia artinya "Cinta tumbuh karena terbiasa". Memang kalau dipahami maksudnya, akan bisa dimengerti bahwa cinta itu akan bisa tumbuh karena terbiasa. Terbiasa bertemu, terbiasa berinteraksi, terbiasa bersama-sama. Kalaupun mungkin semulanya cinta itu belum tumbuh, tetapi karena sering bertemu dan sering bersama-sama akhirnya cinta itu mulai tumbuh karena kebiasaan tersebut

  • witing artinya = awalnya, permulaan
  • tresno artinya = sayang, cinta
  • jalaran artinya = karena, sebab
  • soko artinya = dari, sejak
  • kulino artinya = sering, kebiasaan

witing tresno jalaran soko kulino sering dipelesetkan menjadi witing tresno jalaran ora ono sing liyo yaitu cinta tumbuh karena nggak ada pilihan lain. Seseorang yang dicintainya bukan lah pilihan ideal, namun karena nggak ada pilihan lain, dan ia sering berjumpa maka akhirnya ia pun menyukainya. 

Thanks :)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x