Mohon tunggu...
Nahdia Nuzulita
Nahdia Nuzulita Mohon Tunggu... "Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN sunan Kalijaga Yogyakarta 20107030075"

Lagi belajar nulis.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Perlu Gak sih Personal Branding?

11 Juni 2021   22:49 Diperbarui: 11 Juni 2021   22:57 41 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perlu Gak sih Personal Branding?
Source : https://id.pinterest.com/TheVoyageSociety

Hampir semua orang memiliki hal-hal yang membuat mereka disukai banyak orang, mulai dari fashion, cara bicara, pemikiran yang dia punya hingga hal aneh yang melekat pada dirinya yang secara sadar ataupun tidak sadar membentuk cara pandang orang dalam mengenal atau mengingat diri kita. Tuhan menciptakan kita dengan segala keunikan yang membedakan kita dengan lainnya.  

Personal branding di era sekarang ini menjadi sebuah persyaratan yang harus dimiliki setiap orang atau bagi siapa saja yang ingin membangun atau mengembangkan usaha/bisnis, mendapat pekerjaan yang baik, atau sekedar memiliki teman yang high quality?

 Personal branding itu apa?

Jika kita mencari artikel terkait personal branding maka akan banyak defenisi berbeda yang mengartikan personal branding ini. Lalu sebenarnya personal branding itu apa?

Personal branding adalah usaha untuk menunjukan keunikan, kelebihan, integritas, atau profesionalnya kita yang dibuat atau dirancang sebagai pembeda kita dengan orang lain. 

Di dalam personal branding kita perlu menyampaikan siapa diri kita, apa yang kita lakukan, bagaimana kita melayani orang lain, nilai apa yang ada pada kita serta mengapa seseorang harus melakukan suatu bisnis atau kerja sama dengan kita. 

Singkatnya, personal branding adalah sesuatu yang disematkan kepada kita. Jika orang mendengarkan satu atau dua kata, maka yang langsung terpikirkan oleh mereka adalah kita. 

Contohnya, jika kita mendengar kata "Proklamator" maka yang teringat langsung oleh kita adalah bapak Ir. Soekarno bukan? Atau ketika kita mendengar kata BTS, Boys Before Flower, dan lan-lain maka yang kita pikirkan adalah negara Korea Selatan. 

Personal branding menciptakan image, aura, dan pesona yang kita ingin ciptakan dan wujudkan kepada dunia dengan komunikasi yang konstan atau terus-menerus dan tidak pernah berakhir baik secara internal ataupun eksternal.

Berarti personal branding dengan pencitraan sama dong? Hal ini sering kita dengar jika Personal branding sering disamakan dengan pencitraan. Kenyataannya tidak! Personal branding dan pencitraan adalah dua hal berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN