Mohon tunggu...
Nafisatul Hasanah
Nafisatul Hasanah Mohon Tunggu... Dosen - A Vounteer and Travel Addict!

YOUTUBE Channel : Navy Nafi - Our background and circumtances may have influenced who we are, but we are responsible for who we become.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mandi ala Orang Maroko, Hammam Tradisional Menggunakan Kayu Bakar

28 Mei 2021   10:41 Diperbarui: 28 Mei 2021   10:55 410
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hammam berarti kamar mandi yang biasa digunakan di negara-negara Arab termasuk Maroko. Hammam di Maroko terdiri dari berbagai macam tipe dan fasilitas seperti Hammam yang sederhana biasa digunakan oleh orang Maroko di video dibawah ini. Jenis Hammam dibawah ini masih menggunakan perapian tradisional untuk menghangatkan tempat pemandiannya yaitu dari kayu bakar.  Jika kita berkunjung ke negara Maroko ada banyak jenis dan pilihan Hammam, semakin baik fasilitasnya maka tarifnya akan semakin tinggi. 

Hammam yang ada pada video salah satu yang ada di Kota Agadir dengan tarif MAD 30 untuk sekali mandi. Didalam Hammam ini ada 3 jenis tingkat suhu panas dari mulai yang rendah, sedang hingga sangat panas. Bagi orang Maroko jika tidak mandi di Hammam dengan menggunakan air panas sepertinya mandinya akan tidak terasa bersih. Disana mereka tidak terbiasa menggunakan air dingin dan durasi mandi yang cepat seperti yang kita lakukan di Indonesia. Orang Maroko biasa menghabiskan waktu yang cukup lama berada di Hammam dan mereka membersihkan diri hingga benar-benar bersih, seperti jika kita pergi ke salon untuk Spa.


Silahkan tonton video di atas dimana suami saya menunjukkan Hammam sederhana yang ada di Kota Agadir. Selamat menonton!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun