Mohon tunggu...
Nafisah
Nafisah Mohon Tunggu... Mahasiswi Pendidikan Sosiologi

Mahasiswi Pendidikan Sosiologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perkembangan Teknologi Informasi dan Berita Hoax di Masyarakat

15 Juni 2021   14:30 Diperbarui: 15 Juni 2021   14:52 169 1 0 Mohon Tunggu...

Abstrak

            Perkembangan teknologi saat ini sudah tak terhindarkan lagi. Seiring berkembangnya teknologi, informasi mudah tersampaikan dengan begitu cepat. Setiap orang bisa dengan mudah membuat, menyebar, dan menerima berbagai bentuk informasi. Dengan kemudahan dalam mendapatkan informasi tersebut juga membuat timbulnya berita hoax di dalamnya, yaitu berita yang mengandung provokatif, adu domba, fitnah, membuka aib seseorang ataupun kelompok serta menggiring opini untuk menyatakan suatu kelompok lebih baik dari kelompok yang lainnya padahal belum diketahui kebenarannya. Berfilsafat merupakan sebuah proses berpikir untuk mencari kebenaran. Dengan demikian, kita harus bersikap bijak dalam menanggapi suatu informasi yang menyebar, dengan cara berpikir kritis dan membangun pertanyaan apakah suatu informasi yang kita terima itu benar atau salah, dan apa tujuan dari informasi tersebut.

Kata kunci: Teknologi, Hoax, dan Filsafat.

Latar Belakang

            Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesatnya telah membawa banyak manfaat bagi kemajuan peradaban umat manusia. Kegiatan komunikasi yang sebelumya menuntut perangkat yang rumit, kini sudah digantikan dengan perangkat otomatis yang lebih mudah digunakan. Apalagi dengan berkembangnya sistem komunikasi telepon pintar atau smartphone yang memudahkan manusia untuk selalu terhubung dengan alat komunikasi tersebut tanpa harus dipusingkan dengan masalah kabel atau harus selalu duduk di depan komputer ketika akan mengakses sebuah situs di internet yang bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Dan hal tersebut juga menjadikan media sosial semakin populer di kalangan masyarakat.

            Seiring perkembangan teknologi yang kian canggih, penyampaian informasi saat ini sangat mudah dan sangat cepat dilakukan. Penyampaian informasi yang sangat cepat dimana setiap orang bisa dengan mudah membuat dan memperoleh informasi melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, Whatsapp, dan lain sebagainya yang tidak bisa difilter dengan baik. Melalui media sosial, ratusan bahkan ribuan informasi disebar setiap harinya. Media sosial memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk mengekspresikan diri, bersikap, berpendapat, atau mungkin hanya sekadar menceritakan keluh kesahnya. Namun, dengan adanya kebebasan dalam membuat dan memperoleh informasi tersebut membuat masyarakat seakan-akan hanya mengambil informasi yang telah menyebar di media sosial tanpa mengetahui kebenarannya.

            Kondisi saat ini sebenarnya cukup memprihatinkan, karena banyak masyarakat yang menyalahgunakan media sosial untuk menyebarkan kebencian dan provokasi. Di satu sisi keadaan tersebut bisa menguntungkan. Namun, di sisi lain keadaan tersebut bisa menjadi ancaman yang akan memberikan dampak negatif dan mengarah pada perpecahan. Seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini penyebaran berita kebencian dan penyebaran informasi palsu atau biasa disebut dengan hoax sedang marak menghiasi media sosial. Dan hal tersebut dapat berpengaruh terhadap persepsi masyarakat dan budaya yang ada di dalam kehidupan sosial. Di mana masyarakat yang dikatakan sebagai konsumen informasi belum bisa membedakan mana informasi yang benar dan mana informasi yang palsu atau hoax. Maka bisa dikatakan bahwa masyarakat belum bisa mengoptimalkan perkembangan teknologi informasi yang kian berkembang dengan pesat.

            Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi saat ini, sebagai manusia kita harus bisa melihat sisi positif dalam perkembangan teknologi sehingga akan memberikan manfaat yang baik bagi diri sendiri dan orang lain yang berada di sekitar kita. Dengan demikian, nilai-nilai moral, kejujuran, dan manfaat bisa dirasakan oleh semua pihak. Namun, hal ini akan berbeda bagi manusia yang menyikapi perkembangan teknologi secara tidak tepat dan melihat hoax sebagai kesempatan untuk kepentingan pribadi atau kelompok dengan menggunakan cara yang tidak dibenarkan dan akan merugikan berbagai pihak.

Tujuan Penulisan

Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan informasi tentang berita hoax yang tersebar di masyarakat dan keterkaitannya dengan perkembangan teknologi informasi yang saat ini semakin berkembang pesat.

Metode Penelitian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x