Mohon tunggu...
Music

Gitar adalah Teman Sekaligus Nyawa Baginya

14 April 2019   16:23 Diperbarui: 14 April 2019   16:39 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bandung - Gitar adalah salah satu alat musik petik yang saat ini sangat digandrungi anak muda. Tidak hanya band saja yang menggunakan, untuk 'teman' meng-cover lagu pun bisa. Selain mudah di temukan, gitar adalah salah satu alat musik yang sudah terkenal dan bisa dimainkan oleh semua kalangan.


Saat ini, banyak anak muda yang ingin belajar dan bisa bermain gitar. Sama halnya seperti Ritchie yang suka sekali sama gitar. Lelaki yang memiliki nama lengkap Ritchie Rivaldy ini sudah bermain gitar saat uasianya 5 tahun. Penuturannya awal ia belajar gitar karena tekanan ayahnya yang merupakan seorang gitaris dari sebuah band yang menuntut dia dan kakaknya pun harus bisa. Namun karena semangat dan keinginan untuk bisa, kini gitar menjadi jalan menuju kesuksesan pria yang akrab di panggil Ritchie ini.

"Dulu saya belajar gitar karena ayah saya. Saya di tuntut bisa, tapi saya senang karena saya bisa belajar hal baru. Sampai saat SMK , saya masuk SMK di Bandung yang ada jurusan seni, dan kebetulan memang ayah saya juga seorang gitaris dari band Sahara." tuturnya.

Menekuni gitar dari saat kecil membuat dirinya tidak bisa bermain seperti anak kecil seusianya. Namun, siapa sangka, lewat latihan yang ketat, di tahun 2011, ia pernah mengikuti ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta yaitu "Indonesia Mencari Bakat 2". Dengan latihan yang keras, ia berhasil mencapai 6 besar. 

Gitar sudah menjadi teman kesuksesan remaja berusia 19 tahun ini. Dari teman mengcover lagu di Instagram hingga tampil dari panggung satu ke panggung lainnya. Bermain gitar adalah anugerah baginya.

Tak hanya teman, bagi Ritchie gitar sudah seperti nyawanya, karena menurutnya semua benda memiliki nyawa termasuk gitar.
"Pernah kejadian, saat saya tidak merawat gitar saya dengan baik, saat saya memainkannya malah jadi hancur. Makanya dari situ saya berusaha merawatnya dan benar saat merawatnya dengan baik suara yang dihasilkanpun baik." Ungkapnya.

dokpri
dokpri

Orangtua Ritchie lah yang membuat ia seperti ini, mereka adalah inspirasinya untuk berkarya di dunia musik. Dengan mulai belajar sangat keras, mengikuti ajang pencarian bakat sampai sekolah seni, dan memebuat cover lagu serta manggung kesana kesini dengan gitarnya, ia bisa menjadi Ritchie yang sekarang. Dengan proses panjang yang ia lalui sebagai salah satu musisi di Bandung, ia berharap bisa menciptakan lebih banyak lagu yang bisa di nikmati oleh pencinta musik. Ia sangat menghargai proses sebagai musisi karena baginya musik adalah sebuah proses bukan hasil akhir.

"Karena orangtua saya lah, saya bisa seperti sekarang. Dukungan yang dari mereka membuat saya semakin semangat menciptakan lagu dan sukses di dunia musik. Saya ingin orangtua bangga karena itu adalah salah satu cita- cita dan tujuan terbesar dari hidup saya" tutupnya (12/4).

(NafilaSekarAyuningsih-DasarJurnalistik)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun