Mohon tunggu...
Nafa Alfiana
Nafa Alfiana Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mencoba dan berusaha

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Anakku Tanggung Jawabku

24 September 2020   09:05 Diperbarui: 24 September 2020   09:13 12 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anakku Tanggung Jawabku
wisgoon.com

''mulailah dari sedini mungkin''

Tau gak sih?? Ibu adalah madrasah pertama (al um madrasatun ula) bagi seorang anak,dimana anak mendapatkan ilmu ,mengambil contoh,dan mengambil suri tauladan pada awal mereka lahir di dunia loh.. otomatis yang mereka lihat adalah ibu..so,baik buruknya perilaku seorang ibu berpengaruh sekali pada pertumbuhan buah hatinya.

Sebagai mana pepatah ynag sering kita dengar  mengatakan “buah jatuh tidak jauh dari pohonya’’ ,sudah pasti karakter anak tidak jauh dari tabiat ibu kandungnya.seorang ibu pastinya ingin atau mengharapkan anaknya mejadi anak yang sholeh maupaun sholehah.

Seiring dengan perkembangan zaman yang sudah semakin maju, modern, serba canggih dan serba instan ini,, para orang tua sebaiknya waspada dan berhati-hati dalam mengambil tindakan atau aturan yang diberlakukan kepada anak-anak mereka.Sayyidinah Ali bin Abi Tholib pernah berkata,’’didiklah anakmu sesuai dengan zaman nya, jangan kau didik ia seperti zaman mu karena ia tidak hidup di zaman mu’’, mungkin kurang lebih seperti itu.

Jadi alangkah baiknya kita yang menjadi orang tua dari mereka mengikuti alur moderenisasi ini agar menciptakan pembelajan yang tidak kolot atau kuno,yang menjadikan anak untuk sulit berkembang dan beradaptasi dengan situasi lingkungan saat ini, tak hanya memahami kecangkihan alat zaman sekarang para orang tua harus memahami penggunaan gawai atau gadget agar kita (para orang tua) tidak di perdaya oleh anak mereka dan supaya mereka dapat menggontrol dan mengawasi anak agar tidak melihat konten-konten yang kurang sopan atau negative.

Nah,, untuk itu bagi calon orang tua atau pun yang sekarang sudah menjadi orang tua perlu memahami bagaimana cara mendidik anak yang sesuai dengan tuntutan nabi kita yaitu Nabi Muhammad SAW.berikut adalah cara mendidik anak yang baik menurut Rasulullah;

  • Masa di dalam kandungan ;   Jika seorang ibu mengandung alangkah baik nya jika sang ibu melakuka kegiatan istiqomah seperti ; membacakan surah Maryam(jika menghendaki pr) atau juga surah yusuf(jika menghendaki lk2),bisa juga qosidah, atau ibunya seorang qiroah bisa juga di bacakan ayat-ayat yang lainnya.
  •  Masa balita;  Nah,, di usia balita ini anak masih baru merasakan hawa di dunia dan mereka masih polos(tidak tau apa-apa), jadi yang menentukan jalur anak ini dimana tergantung supir yang mangendarainya (orang tua) . ketika bayi baru lahir pasti suami kita mengumandangkan adzan di telinga kanan dan iqomah di telinga kiri sang bayi ,,untuk apa hal itu di lakuakan agar pertama kali suara atau lantunan yang di dengarkan oleh bayi adalah hal(kalimat) positif, kemudian tepat hari ketuju atau hari apa saja aslalkan memiliki modal melakukan Sunnah berupa aqiqah,,eeiitss jangan lupa juga par orang tua harus menyiapkan nama yang baik dan mempunyai arti karena nama adalah doa yang di berikan oelah orang tua kepada sang anaknya.  Ajarkan pula kepada anak kita mengenal agama, tuhan dan rasul(sunah-sunnahnya) kita.tanamkan juga karakter beraqlakul karimah kepada anak sedini mungkin , jangan pernah ajarkan kepada anak sifat-sifat tercela seperti berbohong, berkata kasar, tidak sopan kepada yang lebih tua dan tidak menyayangi yang masih muda umurnya, dll.Jadi berhati hatilah dalam usia yang cukup rentan ini yaitu pada umur 0-5 thn ini atau bisa disebut juga dengan nama gold age karena pada umaur tersebut anak mengalami pembentukan  system syaraf .dalam syariat islam juga di katakan bahwa usia tersebut adalah masa yang hanya bisa di lampaui selama 1kali seumur hidup,jika orangtua menginginkan anak mereka menjadi penolong di akhirat kelak maka didiklah dengan baik dan benar sesuai ajaran rasul yang telah di berikan kepada kita.
  • Masa pubertas ;  Masa pubertas adalah masa paling berat yang harus dihadapi oleh semua orang tua, hal ini dikarenakan anak mengalami mas penyesuaian atau mencari jati diri mereka.dan pada fase ini ibu yang lebih di tekan kan . karena mayoritas anak-anak kedekatanya bila di presenkan 80% banding 20% , jadi otomatis ibu berperan lebih penting dalam hal ini.  Seoarang ibu harus tau lingkungan anak kita diluar seperti apa , dia dekat dengan siapa aja, teman nya kayak gimana,apa yang ia suka ,dll.
  • Lalu apa saja kesalahan orang tua selama mendidik anaknya selama ini????? ;
  • Kurangnya berkomunikasi antara orang tua dan anak nya
  • Tidak mengajarkan anak tentang pentingnya ilmu agama
  • Terlalu memanjakan anaknya berupa fasilitas gadget dan alat elektronik lainnya
  • Membiarkan anak keluar terlalu lam dengan lawan jenis tanpa ada tujuan tertentu
  • Menunda-nunda perkawinan anaknya.  Nah ,, banyak banget kan kesalahan orang tua baik disadari maupun tidak. Jadi jika ingin menjadikan anak sebagai investasi akhirat kita maka janganlah terlalu menyibukkan diri sendiri, luangkan lah waktu bersama anak-anak hanya sekedar mengobrol atau hal lainnya. Mungin itu aja yah yang bisa saya sampaikan,, apabila ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya...

Sumber; 

kompasiana

kompasiana

kompasiana

kompasiana

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x