Mohon tunggu...
Nadya Yulia Kartika
Nadya Yulia Kartika Mohon Tunggu... Mahasiswa - :)

Idemo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mahasiswa Undip Gaungkan mengenai Vaksinasi dan Edukasi Masyarakat untuk Minimasi Penggunaan Plastik

5 Agustus 2021   07:30 Diperbarui: 5 Agustus 2021   07:42 61 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa Undip Gaungkan mengenai Vaksinasi dan Edukasi Masyarakat untuk Minimasi Penggunaan Plastik
Penyuluhan Program Covid-19 kepada Warga Sekitar. (Dok. Pribadi)

Rejosari, Pekanbaru (4/8/21) -- Saat ini dunia tengah dilanda virus Covid-19 termasuk Indonesia. Indonesia terkena dampak Covid-19 di pertengahan Maret 2020, kondisi ini terus berlanjut hingga pertengahan tahun 2021. Untuk menekan angka penyebaran dan kematian Covid-19, Pemerintah Indonesia memberikan program vaksinasi secara gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Program ini terdiri dari 4 tahap. saat ini sudah masuk pada tahap 4 dimana target peserta yaitu seluruh kalangan masyarakat.

Berdasarkan data Keluruhan Rejosari, menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum melakukan vaksinasi karena takut dan terpengaruh oleh berita hoax yang beredar. 

Maka, perlu adanya gerakan mengajak masyarakat untuk vaksinasi karena fasilitas untuk mendapat vaksinasi saat ini dipermudah dengan adanya bus keliling disetiap kelurahan Kota Pekanbaru.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, sebagai salah satu peserta KKN, Nadya Yulia Kartika, melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat vaksinasi dan persiapan apa saja yang dilakukan sebelum & sesudah vaksinasi. 

Sosialisasi dilakukan dari rumah ke rumah dengan menggunakan media poster, pemasangan poster di area RT 03/RW 17, pemasangan poster di puskesmas Rejosari, serta disebarluaskan melaui media online (WhatsApp, Instagram, dan sebagainya).

Pemasangan Poster di Puskesmas Rejosari (Dok. Pribadi)
Pemasangan Poster di Puskesmas Rejosari (Dok. Pribadi)

Respon dari masyarakat sangat baik terhadap materi yang disampaikan, karena dari sebagian masih melakukan vaksinasi hanya ikut-ikut teman dan sekedar formalitas tanpa tau manfaat yang diterima. 

Salah satu peserta juga menyampaikan bahwa ia saat hari h vaksinasi kurang fit sehingga dari hasil screening tidak bisa mendapatkan vaksinasi. Setelah mendengar penjelasan dari Nadya, warga menyadari bahwa menjaga kondisi tetap stabil merupakan hal yang sangat penting.

Selain itu, Nadya juga melaksanakan program berupa edukasi minimasi penggunaan platik dan mengajak masyarakat terutama ibu-ibu memanfaatkan kain perca yang ada di rumah untuk dijadikan suatu barang yang kreatif dan berfungsi misalnya totebag. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan