Mohon tunggu...
Nadyatus Sholihah
Nadyatus Sholihah Mohon Tunggu... Mahasiswa prodi IPA ,Universitas Pancasakti Tegal

PENDIDIKAN IPA_UPS TEGAL

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Indonesia

5 Desember 2020   12:51 Diperbarui: 5 Desember 2020   13:04 17 3 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan saat ini. Dengan adanya pendidikan kita dapat mengerti berbagai manfaat.

Pendidikan mempunyai suatu manfaat bagi kita semua diantaranya yaitu menyelaraskan kehidupan , memberikan informasi dan pemahaman, menciptakan generasi penerus bangsa, dan lain sebagainya.

Selain mempunyai manfaat pendidikan juga memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mencerdaskan anak bangsa.

Pendidikan sangat diperlukan sekali pada era sekarang ini , apalagi pendidikan karakter yang sangat tidak kalah pentingnya .

Pendidikan karakter adalah pendidikan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga negara lembaga pendidikan yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran  atau kemauan , dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut , baik terhadap tuhan yang Maha Esa, sesama  manusia, bangsa, lingkungan , maupun diri sendiri , sehingga akan dapat menjadi insan kamil.

Pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral , yang bertujuan untuk membentuk dan melatih kemampuan individu, dan mengajarkan sesuatu hal yang baik.

Pada saat ini karakter sangat diutamakan dalam pendidikan Indonesia, karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat betapa tinggi pendidikan  atau gelar yang diraih melainkan karakter dan kepribadian yang melekat pada diri setiap orang.

Pendidikan karakter di Indonesia semakin kesini semakin tergerus oleh kemajuan zaman. Seperti tata krama pada semua orang, banyak orang yang sudah tidak menerapkan sikap seperti itu.

Selain itu pendidikan karakter di Indonesia yang hampir punah yaitu Kurangnya rasa hormat siswa terhadap guru. Akan tetapi di setiap sekolah banyak yang sangat mementingkan pendidikan karakter ini seperti 5s (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun).

Sebagian guru- guru di setiap sekolah masih banyak yang tidak mengajarkan bagaimana etika-etika yang baik yang harus dilakukan, sehingga target pencapaian dalam pendidikan di Indonesia sangat sulit untuk tercapai. Dalam pendidikan sebenarnya tidak hanya untuk mencari ijazah hingga gelar sarjana saja, melainkan yang lebih penting itu etika atau karakter yang ditanamkan dalam kehidupan bermasyarakat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x