BAB I PENDAHULUAN
 Saat ini peluang bisnis fashion terus meningkat setiap harinya. Hal ini dilihat dari semakin banyaknya pengusaha-pengusaha yang terus bermunculan di bidang fashion. Fashion dapat dikatakan sebagai peluang bisnis yang tidak ada matinya karena sering berubahnya trend fashion dan terus bermunculan trend baru.
Perubahan trend yang terus terjadi mengakibatkan daya beli konsumen atas produk fashion akan terus terjadi. Terlebih lagi saat ini informasi sangat mudah didapatkan mengenai fashion melalui internet baik itu didalam negeri maupun luar negeri.
Adanya masyarakat mengikuti trend yang sedang berkembang tersebut menunjukkan bahwa masyarakat akan membeli fashion yang sesuai dengan trend bukan berdasarkan kebutuhan. Dengan melihat hal tersebut, terdapat potensi yang cukup besar untuk memulai bisnis pada bidang fashion.
Fashion yang saat ini sedang marak-maraknya dan perkembangannya cukup pesat adalah fashion muslimah. Hal tersebut terjadi seiring petumbuhannya penduduk yang beragama Islam di Indonesia.
Berdasarkan data sensus Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Indonesia yang beragama Islam tahun 2010 adalah sebanyak 87,18% dari keseluruhan penduduk Indonesia yang mana untuk tahun 2018 angka tersebut dapat dipastikan lebih tinggi dan akan terus meningkat. Maka dari itu, melakukan bisnis pada bidang fashion muslimah adalah pilihan yang tepat karena memiliki potensi dan peluang yang cukup besar di Indonesia yaitu target pasar yang melimpah.
Fashion muslimah memiliki banyak jenis dari ujung kepala sampai ujung kaki salah satunya adalah kaftan. Kaftan merupakan salah satu jenis busana terusan bagi muslimah dengan berbagai macam warna dan corak. Kaftan sangat cocok untuk wanita muslimah baik yang berkerudung maupun tidak sehingga menjadikan produk ini dapat dikenakan bagi setiap wanita muslimah.
Terlebih lagi saat ini sedang memasuki bulan Ramadhan yang mana daya beli masyrakat terhadap fashion muslimah akan tinggi karena adanya kebutuhan untuk Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, kaftan juga menjadi andalan masyarakat wanita muslimah di Indonesia untuk dikenakan saat Hari Raya.
Terlepas dari itu semua, terdapat permasalahan yang harus siap dihadapi memulai bisnis fashion kaftan. Permasalahan itu adalah banyaknya pesaing terhadap produk yang sama dengan harga yang murah sampai yang mahal. Itu semua dapat dijumpai dimana saja seperti mall, pasar, sampain online yang mana saat ini makin membludak karena berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, untuk melakukan bisnis fashion kaftan ini diperlukan nilai lebih yang menonjol kepada masyarakat agar terciptanya ketertarikan atas kaftan tersebut.
Â
BAB II BUSINESS MODEL CANVAS