Mohon tunggu...
Kelompok KKN 173 Desa Jatian
Kelompok KKN 173 Desa Jatian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kelompok KKN 173 adalah bagian dari KKN Kolaboratif Perguruan Tinggi se Kabupaten Jember tahun 2022. Kegiatan KKN Kolaboratif dilaksanakan dimulai pada tanggal 23 Juli 2022 sampai 26 Agustus 2022 dengan tema utamanya " Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Desa". Kami akan membagikan hasil dari kegiatan KKN melalui Kompasiana ini. Terimakasih.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Optimalisasi Pencegahan Stunting dengan Perbaikan Gizi

20 Agustus 2022   20:44 Diperbarui: 20 Agustus 2022   21:36 301 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jember (15/8/2022)Sebagian masyarakat mungkin masih belum memahami apa itu stunting. Stunting adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang ternyata lebih lebih pendek dibanding tinggi orang lain pada seusianya. 

Masalah stunting ini memang harus diwaspadai dan menjadi perhatian. Stunting dapat terjadi karena ada banyak faktor, salah satu yang menjadi penyebab terbesar adalah masalah kurang gizi kronis kurang nya asupan gizi dalam jangka wangku cukup lama. 

Kekurangan gizi ini dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak bukan hanya fisik saja yang terganggu melainkan perkembangan otaknya juga akan terganggu hal ini tentu akan mempengaruhi kemampuan dan prestasi anak serta produktivitas dan kreativitas anak- anak.

dokpri
dokpri

Desa jatian adalah salah satu desa di daerah pakusari yang cukup tanggap dalam penanganan stunting ini. di buktikan dengan minim nya nilai anak penderita stunting di desa tersebut. 

Para kader bekerja dengan baik pada kasus ini. sehingga masalah stunting dapat di atasi di desa ini. salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan rutin mengadakan kegiatan posyandu, sehingga secara tidak langsung dapat membantu mengontrol ibu- ibu hamil, serta mengontrol pertumbuhan anak- anak.

Pada kesempatan ini kami mahasiswa KKN 173 jatian mengadakan sosialisasi terhadap ibu- ibu TKS SUAKA ANAK NEGRI dengan tema " Ibu Cerdas Sadar Gizi Cegah Stunting Stunting Sejak Dini " yang mana tujuan utuma kami adalah untuk memberikan informasi terkait hal- hal yang berhubungan dengan stunting, sehingga tidak terjadi lagi kasus Stunting pada anak- anak di daerah desa jatian ini karena pada hakikatnya mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Setelah kami mendatangi lokasi dan sedikit berbincang, sebagian besar ibu- ibu masih kurang memahami apa stunting. Kurangnya informasi membuat sebagian ibu-ibu masih kurang mengerti apa, bagaimana, dampak dan pencegahan dari stunting.

Media yang kami gunakan adalah dengan menggunakan brosur yang berisi inti pokok dari informasi yang berkaitan dengan stunting, penjelasan lebih lengkap nya kami jelaskan secara langsung sehingga mempermudah ibu- ibu untuk bertanya apabila da hal- hal yang mungkin kurang dipahami, dan poin lebih nya adalah membuat interaksi menjadi lebih hidub. 

Respon yang baik adalah slah satu bentuk nyata betapa tertariknya dan bermanfaat nya informasi ini bagi ibu- ibu yang mungkin belum dijelaskan secara detail.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan