Mohon tunggu...
Nadya Ekanasari
Nadya Ekanasari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Jangan berhenti menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa PBSI Magang BIPA di Vietnam

13 Desember 2019   11:33 Diperbarui: 13 Desember 2019   11:42 5 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa PBSI Magang BIPA di Vietnam
dok. Universitas Muria Kudus

KUDUS, Kompasiana.com- Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia semester 5 Universitas Muria Kudus, mengikuti magang di Vietnam. Di tugaskan untuk membantu pengajaran  BIPA  dan membantu urusan kantor KBRI Hanoi yaitu saudari Rika Ayu Wulandari dia di tugaskan magang pengajaran BIPA di Universitas Ilmu Sosial dan Humaniora, Hanoi University selama 29 hari.

Magang pengajaran BIPA sendiri ada tahap seleski dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu seleksi wawancara, seleksi administrasi, persiapan uang saku, pembekalan dari prodi, persiapan pentas budaya, dan mikro teaching pengajaran BIPA.

Dari dosen Universitas Muria Kudus mengantarkan sampai di KBRI, selama 3 hari dan melakukan visiting lecture di USSN Hanoi. Ada beberapa mahasiswa yang magang di KBRI yang bernama Richard dari Universitas Brawijaya Malang sedangkan dari Universitas Muria Kudus Zaen dan Rika.

"Kehidupan Rika sendiri di sana sangat berwarna tiap hari akan ada hal baru yang membuat saya selalu tertawa. Banyak orang yang respect dan bahkan sangat seru untuk berpetualangan. Kesulitan magang maupun kehidupan sehari-hari pada saat magang saya pernah kesulitan mencari data-data yang di butuhkan oleh kantor. Hal tersebut bisa diatasi, dengan saya bertanya pada staf yang bekerja di bidangnya". Ujar Rika pada saat membantu di kantor KBRI.

"Pengalaman menarik saya yaitu ketika pengajaran BIPA dari mahasiswa BIPA berbicara menggunakan Bahasa Indonesia dengan dialek Vietnam, mendapatkan pengalaman pengetahuan mengenai diplomatik negara dan pengalaman ilmu yang berharga". Ujar Rika pada saat magang pengajaran BIPA.

Beberapa wisata destinasi di Vietnam yaitu Danau Hoan Kiem Hanoi, Trang An Ninh Binh, Pagoda Bai Dinh Ninh Binh, Ha Long Bai Ha Long, Temple of Literature Hanoi, dan Sun Word Ha Long.

"Buat teman-teman yang mengikuti program ini selanjutnya persiapkan diri kalian, karena dari program ini mampu memberikan pengalaman yang luar biasa dan tidak bisa di bayar dengan apa-apa". Ujar Rika, pesan dan pengalaman selama magang di Vietnam (10/12/19). (Nadya)

VIDEO PILIHAN