Mohon tunggu...
nadiya khalisa
nadiya khalisa Mohon Tunggu... SMA IC Baitul Izzah

SMA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berbagai Isi Media Berita Bencana yang Salah

23 Januari 2021   09:36 Diperbarui: 23 Januari 2021   09:42 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagai Isi Media Berita Bencana yang Salah
liputan6.com

media berita selalu yang terdepan dalam mengabarkan suatu kejadian. misal suatu bencana alam maupun kecelakaan , bencana alam atau kecelakaan adalah suatu peristiwa yang menyedihkan bagi orang orang yang terdampak bencana tersebut dan masyarakat disekitarnya yang merasakan bencana tersebut. bencana adalah suatu kejadian yang menyedihkan,menampilkan berbagai kabar yang menyedihkan dll. orang yang tertimpa bencana alam maupun lainya membutuhkan rasa peduli,membutuhkan rasa dan sikap simpati seseorang, banyak nya berita yang dijumpai ketika terdapat kejadian menyedihkan biasanya didampingi dengan backsound suara lagu lagu sedih.

menurut saya lagu lagu sedih tersebut dapat menambah kesedihan yang ditimpa para korban atau keluarga yang tertimpa bencana tersebut. ketika saat itu keluarga bencana menginginkan semangat,rasa peduli,maupun bantuan dll. pertanyaan pertanyaan yang mungkin dapat membuat kesedihan yang mendalam, membuat para keluarga korban semakin sedih dll itu bisa saja menyebabkan mental semakin down, dan bisa mengubah mental menjadi tidak baik. apalagi ketika berita berita terutama berita menyedihkan tersebut dihubungkan dengan mitos,ramalan,tanda tanda,dll.

memberi semangat,dukungan, maupun bantuan  kepada orang orang yang terdampak bencana itu lebih efektif dari pada memberi pertanyaan pertanyaan yang membuat para korban semakin mengeluarkan tangisan air mata dan kesedihan yang mendalam. dan sebaiknya  memberi kan berita berita tentang peningkatan pecarian korban,peningkatan keamanan,video penyemangat dari para masyarakat,dukungan dukungan dari masyarakat maupun pemerintah, mengabarkan jumlah bantuan dana ,maupun lainya.

sebaik dan sebisa mungkin tampilkan berita yang menunjukan kemajuan,semangat,sikap peduli,dll. berikan rasa simpati kepada para korban bencana,mencoba merasakan apa yang dirasakan orang lain dengan sikap simpati,memberi semangat dan bantuan kepada para korban bencana.

VIDEO PILIHAN