Mohon tunggu...
NADIVA SAFIRA FITRI
NADIVA SAFIRA FITRI Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi UIN SYARIFHIDAYATULLAH JAKARTA

Hobi membaca buku,novel,kosmik dan maraton anime

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tantangan Baru Para Guru dalam Pendidikan di Era Milenial

6 Desember 2022   17:30 Diperbarui: 6 Desember 2022   17:29 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran seorang guru sangatlah penting dalam proses pembelajaran, serta memajukan didalam dunia pendidikan. Kualitas peserta didik dalam dunia pendidikan sangat bergantung pada kualitas guru. Karena itu guru harus memiliki kemampuan yang sesuai dengan standar nasional pendidikan agar dapat menjalankan tugas dan perannya dengan baik serta sesuai dengan standar kompetensi yang dapat menghasilkan para peserta didik untuk menjadi manusia yang berilmu, berkarakter serta memiliki keterampilan-keterampilan tertentu.

Pada era milenial terjadi perubahan teknologi dimana teknologi terus berkembang dan semakin maju. Dengan adanya teknologi tersebut, maka menimbulkan berbagai dampak bagi kehidupan termasuk berdampak pada pendidikan di era generasi milenial. Dampak tersebut dapat berupa kemudahan yang membantu pelajar milenial dan dapat pula menjadi hambatan bagi pelajar apabila tidak dimanfaatkan dengan bijaksana.

Namun, dalam era pendidikan saat ini, terutama setelah munculnya era digital atau yang biasa disebut dengan Era Revolusi Industri 4.0, peran guru dalam pendidikan telah mengalami pergeseran. Peran guru telah bergeser sebagai fasilitator bagi peserta didik. Pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru, namun lebih berpusat pada peserta didik. Maka dari itu peranan guru masih sangat penting untuk memilah dan membatasi informasi yang akan diterima oleh peserta didik.

Disisi lain, selain kemajuan dalam bidang pendidikan, terdapat kekurangan dari generasi milenial ini seperti kecanduan internet, kurangnya rasa patuh terhadap perintah dan nasihat karena mereka memiliki jiwa yang bebas, terlalu fokus dengan kemajuan teknologi globalisasi sehingga peserta didik lupa dalam berakhlak dan bersopan santun terhadap orang yang lebih tua khususnya guru, selalu menyepelekan tugas yang diberikan oleh guru, malas membaca, tingkat cuek yang tinggi terhadap pelajaran, cepat bosan, dan susah fokus dalam pembelajaran.

Maka dari itu Tantangan bagi para guru di era milenial ini sangatlah sulit karena disamping seorang guru harus mempelajari dan mengupgrade teknologi baru dalam dunia pendidikan dan pembelajaran, guru juga harus mampu mengatasi dan menanggulangi kekurangan yang ada pada peserta didik, dimana perubahan karakter dan sifat peserta didik di era milenial ini cenderung lebih apatis, acuh tak acuh, tidak peduli dan susah fokus dalam pembelajaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun