Mohon tunggu...
Nadilla Salma Nuraini
Nadilla Salma Nuraini Mohon Tunggu... Hidup adalah menulis

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPI: Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Covid di Bidang Pendidikan dan Masyarakat

27 Desember 2020   12:42 Diperbarui: 27 Desember 2020   13:00 75 0 0 Mohon Tunggu...

Penyebaran Virus Covid-19 semakin meluas di Indonesia. Secara resmi, virus Covid-19 dianggap mulai menyebar pada 31 Desember 2019, ketika otoritas kesehatan di kota Wuhan di China mengeluarkan peringatan tentang serangkaian kasus yang terkait dengan virus yang menyerang pernapasan secara misterius (bbc.com).

Indonesia pertama kali mengonfirmasi kasus Covid-19 yaitu pada hari Senin tanggal 2 Maret 2020. Saat itu, Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona yakni perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun. (news.detik.com). Penyebaran dari virus ini terbilang cukup pesat. 

Saat ini pada Desember 2020, kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 706.837 kasus (covid19.go.id). Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, virus ini sudah menyebar pada ratusan ribu rakyat Indonesia. Hal tersebut membuat diberlakukannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah dengan tujuan untuk menekan penyebaran virus ini. Karena Indonesia sedang melakukan PSBB, maka semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah harus dihentikan sampai pandemi ini mereda.

Beberapa pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan). Kebijakan pemerintah ini mulai efektif diberlakukan di beberapa wilayah provinsi di Indonesia pada hari Senin, 16 Maret 2020 yang juga diikuti oleh wilayah-wilayah provinsi lainnya.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring.

Dengan adanya tuntutan ini, Universitas Pendidikan Indonesia sebagai kampus di ranah pendidikan memfasilitasi mahasiswa yang sedang mengontrak KKN untuk mendampingi guru, siswa, serta orang tua dalam menjalankan tuntutan pembelajaran daring ini. Nadilla Salma Nuraini (salah satu mahasiswa UPI yang sedang mengontrak KKN) melakukan pendampingan tersebut di sekolah dekat tempat tinggalnya, yaitu di Sumedang, tepatnya di SDN Pasanggrahan 2 Sumedang.

Selain melakukan pendampingan di bidang pendidikan, ia juga melakukan edukasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat dengan memanfaatkan media sosial yang mudah dijangkau yaitu instagram. Hal tersebut ia lakukan karena sampai saat ini masih banyak yang belum sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari virus tersebut. Dalam hal ini, ia mengingatkan bahwa virus ini masih ada dan pentingnya meningkatkan kesadaran untuk menjaga diri serta menjaga orang-orang terdekat agar terhindar dari Covid-19.

Referensi

BBC News Indonesia. (2020). Covid-19: Virus corona diduga sudah menyebar sebelum pertama kali dilaporkan di China pada Desember 2019. Dapat diakses pada link: https://www.bbc.com/indonesia/dunia-55197612

Covid19.go.id. (2020). Beranda: Data Sebaran. Dapat diakses pada link: https://covid19.go.id/

DetikNews. (2020). Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI?. Dapat diakses pada link: https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri

 

VIDEO PILIHAN