Mohon tunggu...
Nadien Ayu Ananda
Nadien Ayu Ananda Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Jakarta

Nadien Ayu merupakan Mahasiswa aktif Sosiologi UIN Jakarta 2019

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi Buku "Islam, Kepemimpinan Perempuan, dan Seksualitas" Karya Neng Dara Affiah

17 November 2019   14:50 Diperbarui: 17 November 2019   15:03 0 0 0 Mohon Tunggu...

Judul: Islam, Kepemimpinan Perempuan, dan Seksualitas


Penulis : Neng Dara Affiah


Penerbit : Yayasan Pustaka Obor Indonesia


Cetakan : Cetakan Pertama


Tempat Terbit : Jakarta


Tahun Terbit: Desember, 2017


Ketebalan : xxi + 200 Halaman


ISBN : 978-602-433-555-7

Abstract
Buku ini merupakan rekaman dan catatan jejak gerakan perempuan Indonesia dengan penanda Era Reformasi. Jejak tersebut dimulai dengan substansi dan topik yang diperdebatkan, bentuk-bentuk dan aktor gerakannya, serta irisan dengan dinamika perjalanan agama dan negara.


Di awal era Reformasi, isu krusial yang menjadi perdebatan publik mengenai hak-hak perempuan adalah isu kepemimpinan perempuan, dipersoalkan ulang Undang-undang Perkawinan tahun 1974 mengenai praktik perkawinan poligami, pelanggaran perkawinan beda agama, pembakuan peran pria sebagai kepala keluarga dan istri sebagai ibu ruamh tangga. Selain itu, menggejala kembali isu pemakaian jilbab sebagai identitas perempuan muslim dengan multi makna dan multi kepentingan.


Buku ini juga menyuguhkan bangunan pengetahuan dalam kerangka teologi Islam, sejarah sosial dan sosiologi dengan keragaman argumentasinya atas topik hak-hak asasi perempuan yang berkembang di era Reformasi dalam rentang waktu antara 1998-2016.

Ulasan Buku
Pada kesempatan kali ini, resensator akan memfokuskan bahasan pada bab pertama dalam buku "Islam, Kepemimpinan Perempuan dan Seksualitas" karya Neng Dara Affiah dengan tema Islam dan Kepemimpinan Perempuan. Pada bab ini, terdapat beberapa sub-bab yang mengisinya antara lain Islam dan Kepemimpinan Perempuan; Kepemimpinan Perempuan dan Otonomi Diri; Kepemimpinan Perempuan: Andai Megawati Jadi Presiden; Kepemimpinan Perempuan dan Kualitas Diri; Politik, Etika, dan Perempuan: Sebuah Pertanyaan; Otonomi Daerah dan Perempuan, dan terakhir; Kartini yang Terkuburkan.

Pada sub-bab pertama yaitu Islam dan Kepemimpinan Perempuan, buku tersebut berusaha menyampaikan bahwa salah satu keutamaan ajaran Islam adalah memandang manusia secara setara dengan tidak membeda-bedakannya berdasarkan kelas sosial (kasta), ras, dan jenis kelamin.
Dalam buku ini, dijelaskan ada tiga perempuan yang disayangi, dihormati, dan disantuni Nabi sepanjang hidupnya. Tiga perempuan itu ialah Khadijah, Aisyah, dan Fatimah. Padahal pada masa itu, perempuan dianggap sebagai manusia yang tidak utuh, dikerdilkan, dan diremehkan. Nabi memberikan perempuan kesempatan yang sama dengan laki-laki, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan. Pada pernyataan ini dapat kita lihat penulis ingin kita mengetahui bahwa Nabi sangat feminis sekali.


Buku ini menjelaskan pula bahwa tidak ada ayat maupun hadis dalam Al-Qur'an yang menentang perempuan untuk menjadi pemimpin. Karena dijelaskan bahwa Allah menciptakan manusia, laki-laki dan perempuan untuk menjadi pemimpin (Qs. Al-baqarah: 30). Pemimpin di sini memiliki makna dan cakupan yang sangat luas. Ia bisa menajdi pemimpim pemerintahan, pemimpin pendidikan, pemimpin keluarga, dan pemimppin untuk diri sendiri. Sebagaimana hadis Nabi: "Masing-masing kamu adalah pemimpin. Dan masing-masing kamu bertanggung jawab atas yang dipimpinnya" (Hadis Riwayat Ibn Abbas).
Terdapat beberapa perbedaan dalam penafsiran "Laki-laki adalah qowwam dan bertanggung jawab atas perempuan" (An-Nisa: 34) oleh beberapa penafsir. Sehingga menyatakan bahwa lelaki adalah pemimpin atas perempuan. Menjadikan laki-laki lebih superior dan perempuan menjadi inferior. Ada banyaknya pro kontra terhadap ayat tersebut. Namun penulis buku menjelaskan serta meluruskan kesalah pahaman atas penafsiran tersebut dengan penjelasan yang ringan dan mudah dipahami. Bahwa nyatanya dalam Islam, perempuan dapat dan layak untuk menjadi pemimpin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN