Mohon tunggu...
Nadia visagola
Nadia visagola Mohon Tunggu... Part of @jambishoppingdayy

An old souls of young woman ūüíĖ Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Digital

Ayo Mulai Terapkan Aksi Bijak dalam Bermedia Sosial

13 September 2019   22:27 Diperbarui: 13 September 2019   22:35 0 1 0 Mohon Tunggu...
Ayo Mulai Terapkan Aksi Bijak dalam Bermedia Sosial
Maxmanroe.com

Kebayang nggak sih kalau makin lama dunia makin canggih buktinya dulu komunikasi Cuma bisa via telephone, terus ke handphone sekarang taunya udah smartphone!? 

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan lewat  smartphone, selain fungsi primer seperti telfon dan kirim sms , smartphone juga bisa digunakan  untuk berswafoto, dengar musik, internetan dsb. Tapi yang paling populer adalah sosial media, ya nggak sih? 

Sebenarnya menggunakan sosial media seperti untuk media promosi , bersosialisasi dan juga sekedar mengekspresikan diri lewat karya itu hal yang positif semisal dengan uploud foto selfie&update status selagi tidak merugikan orang lain ,  sayangnya nggak semuanya bisa mengambil hal positif sosial media.

Karena sebagian malah meangambil sisi negatif, buktinya adalah penggunaan sosial media yang tidak bijak dimana sekarang banyak orang yang menggunakan media sosial untuk menyebarkan hoax, foto & video yang tidak pantas bahkan membuat orang lain Insecure (rendah diri) dengan meninggalkan komentar yang tidak menyenangkan di postingan sosial media mereka sering disebut dengan "netizen" maha benar.

Meskipun banyak juga yang tahu kalau melakukan hal tersebut juga nggak baik karena bisa menimbulkan kesalahpahaman atau bahkan malah merusak tali persaudaraan nyatanya masih banyak yang melakukan bukan hanya itu mereka pun tahu bahwa mereka bisa kena jeratan hukum ITE tapi nggak tau kenapa seakan merasa masabodoh sehingga hal itu terus berulang terjadi.

Bahkan nggak sedikit loh orang yang mengalami stress hingga depresi akibat dari penggunaan sosial media , orang yang tadinya membuka sosial media untuk menjadi pintu terbukanya relasi pertemanan dengan dunia yang lebih luas dari lingkungan sekitar malah sebaliknya yang didapat mereka malah merasa terasing karena nggak semua orang memanfaatkan sosial media dengan bijak lebih simpel nya sih ini merupakan tindakan bullying.

Nyatanya seringkali postingan orang bukan hanya sekedar update status dan uploud foto selfie tapi mereka juga cenderung memposting hal yang tidak pantas seperti dengan cara meluapkan kekesalan dengan  memposting status dengan kata-kata yang tidak pantas  dengan tujuan menyindir, namun karena diposting secara luas tentunya akan menimbulkan kesalahpahaman apabila seseorang lainnya malah yang merasa tersindir.

Lalu  gimana caranya jadi pengguna sosial media yang bijak? Seperti yang dikutip dari laman bijakbersosmed.id  berikut tips bijak menggunakan media sosial :

1. Filter pertemanan Anda
Hal ini dimaksudkan untuk tidak asal menambahkan atau menerima pertemanan yang kemungkinan membawa efek negatif bagi sikap Anda dalam menggunakan media sosial. Selain itu juga melindungi diri Anda dari tindak-tindak kejahatan yang saat ini banyak sekali terjadi seperti penculikan atau pun pemerasan yang kebanyakan bermula dari sosial media.
2. Pasang identitas asli namun tidak bersifat pribadi
Dengan memasang identitas asli Anda di akun milik Anda, selain membantu Anda tetap berada pada fungsi utama sosial media untuk menjalin talli silahturahmi dengan banyak sahabat, hal ini juga akan mempermudah orang lain menemukan Anda yang mungkin saja sudah lama tidak berkomunikasi dengan Anda.
3. Tidak perlu berbagi nomor telepon dan informasi pribadi lainnya
Kembali lagi dengan banyaknya kasus kriminal yang berawal di media sosial, akan sangat bijaksana bila Anda tidak membagikan informasi pribadi Anda pada akun media sosial milik Anda untuk menghindari segala hal yang mungkin akan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kecuali jika memang Anda memanfaatkan akun Anda untuk keperluan usaha dan berbisnis Anda dapat menyediakan satu nomor khusus yang bukan nomor pribadi Anda sendiri.
4. Pasang foto profil yang sewajarnya
Foto profil merupakan hal pertama yang dilihat orang lain di sosial media, foto inilah yang mengidentifikasikan Anda dan akan memudahkan orang lain atau sahabat Anda untuk menemukan Anda. Selain itu gunakan foto profil yang wajar tanpa hal-hal negatif.
5. Pikir dahulu sebelum membuat status
Sebaiknya memang tidak membuat status yang memancing pihak lain untuk merespon negatif, banyak sekali hal-hal bermanfaat yang dapat dijadikan status atau mungkin hanya sekedar berkomunikasi dengan sahabat.
6. Jauhi perdebatan
Perdebatan yang membawa kegunaan atau dapat menambah wawasan mungkin masih bersifat positif, namun jika sudah mengarah pada hal yang tidak sehat segera abaikan saja.
7. Pastikan akun Anda memiliki proteksi yang baik
Anda pastinya pernah melihat atau mungkin juga mengalami sendiri akun yang diretas oleh orang tidak bertanggung jawab. Nah, pastikan akun Anda terproteksi dengan baik dengan kata sandi yang hanya Anda yang mengetahui, atau dapat juga Anda tambahkan lapisan keamanan lain agar Anda bisa nyaman dan aman menggunakan media sosial.
Semoga dapat bermanfaat ya teman-teman dan jangan lupa gunakan dengan bijak sosial media.






KONTEN MENARIK LAINNYA
x