Mohon tunggu...
Nadia visagola
Nadia visagola Mohon Tunggu... Part of @jambishoppingdayy

An old souls of young woman ūüíĖ Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Maknai Hari Kebangkitan dengan Menjadi Generasi Muda yang Cerdas

20 Mei 2019   18:28 Diperbarui: 10 Juni 2019   23:51 0 1 0 Mohon Tunggu...

Di era digital yang mana hampir semua sisi kehidupan berbasis teknologi , tak dapat dipungkiri bila itu sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian.

utamanya bagi kaum milenial dan Generasi Z , mulai banyak dari mereka yang memanfaatkan teknologi untuk menciptakan suatu inovasi terbarukan sehingga takkan ketinggalan zaman. misalnya : Gojek aplikasi karya anak bangsa yang sudah mendunia karena penggunanya bukan hanya dari Penduduk indonesia melainkan asia tenggara. 

Gojek mampu eksis beberapa tahun belakangan ini dengan menawarkan fitur-fitur yang memudahkan kaum millenial seperti layanan GoFood , GoRide , GoCar dan masih banyak lagi fitur yang ditawarkan. kemudian ada  Tokopedia dan Bukalapak yang berhasil menjadi marketplace terbesar diindonesia dengan memiliki berjuta pelanggan dan mitra , hingga berhasil menggerakkan sektor UMKM. Dampak positifnya ialah makin banyaknya startup yang berpeluang membuka ribuan lapangan pekerjaan juga ada kabar baik yaitu makin banyak anak bangsa yang berhasil dikanacah internasional seperti memenangkan perlombaan , dan kreatifitas dibidang teknologi yang berarti bangsa ini tidak kalah SDM nya dengan Jepang , hingga Amerika sekalipun.

juga hal lain yang berdampak positif dan mampu membawa harum indonesia ialah keragaman pesona destinasi wisata yaitu dari sabang sampai merauke . Ialah penggunaan teknologi seperti media sosial untuk promosi kearifan lokal serta budaya.

namun teknologi tidak selalu berdampak positif , seperti halnya penggunaan sosial media yang beerlebihan karena beberapa oknum dengan mudahnya menyebarkan informasi-informasi palsu yang biasa disebut (hoax) makin merajai dan  menjadi momok bangsa ini karena kini perpecahan gampang sekali terjadi hanya karena sebuah postingan / status disosial media dan gerakan-gerakan provokatif semakin banyak.

hal ini lah yang  menjadi tugas rumah dari bangsa ini yang dahulu dijajah bangsa asing namun mampu bangkit dan merdeka karena persatuan dan kesatuan dan rasa cinta tanah air .  jangan hanya karena masalah sepele yang belum tentu benar mampu memporak-porandakan negeriku Indonesia dan melunturkan rasa persatuan dan kesatuan.

"karena sejatinya bangsa indonesia ialah bangsa yang besar"

lalu apa yang harus diilakukan pemuda-pemudi untuk menjadi generasi yang cerdas demi indonesia yang lebih baik ?

1. bijaklah dalam penggunaan teknologi

2. jangan gampang termakan berita hoax/ terprovokasi

3. kembangkanlah SDM melalui kreatifitas dan inovasi.

4. harumkan nama indonesia dikancah internasional dengan mengikuti event-event baik nasional maupun internasional

5.dan tanamkan  pendidikan berkarakter sejak dini.