Mohon tunggu...
Nadia Urfah
Nadia Urfah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Management Student

Trisakti School of Management

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pentingkah Performance Review? Apakah Berguna?

11 Juni 2021   00:14 Diperbarui: 12 Juni 2021   08:23 129 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingkah Performance Review? Apakah Berguna?
Sumber: Shutterstock

Performance Review adalah kesempatan bagi manajer dan karyawan untuk bertemu dan mendiskusikan kinerja pekerjaan karyawan, tujuan kinerja mereka, dan prioritas organisasi. Tidak hanya penting bagi karyawan, tetapi perusahaan juga bisa mendapatkan banyak dari performance review. Dengan mendapatkan umpan balik dari karyawan Anda, Anda dapat melihat posisi Anda sebagai manajer dan posisi karyawan tersebut. Apakah mereka mendapatkan bantuan yang mereka inginkan? Apakah mereka akan bekerja ekstra? Apakah sudah waktunya untuk kenaikan gaji atau promosi?

Bagi karyawan, proses ini bisa menjadi sesuatu yang mereka takuti atau nantikan. Bagi manajer bisa menjadi peluang besar untuk berbicara langsung dengan karyawan mereka dan mendengarkan mereka, yang merupakan salah satu alasan utama mengapa mereka tidak boleh dihindari. Performance Review adalah proses lama yang hanya berfungsi jika kedua belah pihak merasa nyaman dengan informasi yang disajikan.

Sumber: Canva
Sumber: Canva
Alasan penting 

Performance reviews adalah penting karena membantu mengumpulkan setiap sudut pikiran dan menjadikan lebih akrab karyawan yang membutuhkan perbaikan dengan mereka yang telah bekerja dengan baik. Berikut manfaat yang akan di dapatkan jika melakukan performance reviews.

Membantu Meningkatkan Komunikasi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, performance review merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan umpan balik dari karyawan Anda. Tak jarang bahwa karyawan memiliki banyak hal yang ingin mereka katakan, tetapi mereka menyimpannya karena tidak ingin mendapat masalah atau terlihat banyak mengadu. Maka berikan karyawan Anda kesempatan untuk terbuka kepada Anda. Dengan begitu akan meningkatkan hubungan Anda dengan mereka pada akhirnya.

Membantu Transparansi. Performance review adalah cara yang tepat bagi manajer untuk bersikap transparan dengan karyawan mereka. Transparansi merupakan karakteristik yang sangat penting yang harus dimiliki oleh perusahaan salah satunya kepada karyawan. Manajer bisa jujur tentang apa yang mereka pikirkan tentang kinerja karyawan dan juga bisa memberi mereka nasihat tentang bagaimana cara meningkatkan kinerja pekerjaan mereka.

Membantu Recognition Ketika Memang Layak. Performance review adalah kesempatan ideal di mana manajer dapat kembali dan meninjau secara rinci semua yang telah dikerjakan karyawan. Jika seorang karyawan telah mencapai tujuan tersebut, maka ini harus diakui dan karyawan harus diberi penghargaan. Sebaliknya jika terdapat karyawan yang belum mencapai tujuan atau mereka malas, manajer dapat menggunakan performance review sebagai waktu untuk berbicara dengan karyawan tersebut serta memberikan umpan balik.

Menetapkan Tujuan Karir. Meskipun tujuan utama dari performance review untuk menentukan bagaimana kinerja karyawan dalam peran mereka dan apakah mereka cocok untuk perusahaan, itu dapat melayani tujuan yang lebih besar untuk membantu karyawan menentukan apakah mereka telah memilih karir yang tepat atau belum. Jadi umpan balik yang telah diterima karyawan selama performance review mengenai kelemahan dan kekuatan mereka sangat berguna dalam membantu mereka menentukan masa depan karir mereka.

Sumber: Canva
Sumber: Canva
Hal yang harus dihindari 

Performance reviews memang sulit untuk dilakukan, namun akan berguna bila dilakukan dengan benar. Berikut adalah hal yang harus dihindari saat melakukan tinjauan kinerja dengan karyawan.

Hindari Ketidakjelasan. Jika Anda melakukan performance review hanya 10 menit, maka hal tersebut akan tidak berfungsi. Karena waktu yang singkat biasanya hanya membahas secara umum dan tidak spesifik. Berhentilah bersikap samar-samar atau kurang jelas dan mulailah menjadi spesifik tentang apa yang Anda sukai dan tidak sukai dalam pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan Anda. Berikan pula contoh yang spesifik agar bisa meningkatkan kinerja karyawan, dari sinilah kunci keberhasilan performance review.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN