Nadia Nathania  Prilia
Nadia Nathania Prilia

Seorang maha-siswa yang sedang mengejar mimpi di salah satu perguruan tinggi di Kota Pelajar.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Cara Mempercantik Konten Video di Youtube

9 Maret 2018   09:23 Diperbarui: 9 Maret 2018   09:54 355 0 0

Youtube sudah mulai dikenal di berbagai kalangan masyarakat. Bisa dikatakan, Youtube sudah bisa menggantikan peran televisi. Kelebihan platform ini adalah mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Pembuat video Youtube atau biasa disebut Creator, semakin merajalela. Tentu, tujuannya untuk membuat kita tertarik menonton konten Youtube mereka.

Namun, apakah kalian tahu bahwa membuat konten Youtube tidak semudah membalikkan telapak tangan? Banyak sekali pemikiran dan konsep yang harus dipersiapkan secara matang agar konten yang dibuat dapat membuat kita tertarik.

            Seperti yang dilansir dari The University of Vermont, terdapat kertas evaluasi menilai konten Youtube dengan baik dan benar. Pertama, konten Youtube harus memiliki kualitas video yang baik. Kualitas gambar yang baik akan mudah mendapatkan perhatian penonton.

            Kedua, konten Youtube tidak hanya berisikan informasi, namun juga harus menghibur dan dapat menyakinkan penonton atas suatu keputusan. Contohnya, Creator memberikan opini di dalam konten Youtube-nya mengenai suatu peristiwa. Penonton harus memilih setuju ataupun tidak setuju dengan opini yang di lontarkan oleh Creator.

            Ketiga, topik yang dipilih harus menarik dan informatif. Biasanya, topik yang dipilih oleh Creator memiliki kedekatan pada masyarakat pada saat ini sehingga penonton merasa dekat dengan Creator. Selain itu, Creator harus mampu memberikan informasi secara baik meskipun penonton tidak mengetahui isu yang sedang berkembang di masyarakat.

            Keempat, konten Youtube harus memiliki durasi yang seimbang. Durasi yang harus ditepati adalah tidak lebih dari empat menit. Durasi yang berkepanjangan akan membuat penonton merasa bosan dan informasi yang disampaikan tidak menarik di mata penonton.

            Kelima, desain suatu video Youtube juga harus dipikirkan secara matang. Konten video harus urut dan mengalir dengan baik agar penonton dapat menangkap pesan yang ingin disampaikan Creator. Kreativitas juga harus dijunjung tinggi dengan cara memberikan musik atau efek suara yang bagus, sudut pandang kamera yang berbeda-beda, dan jarak pengambilan kamera pada objek.

            Keenam, konten yang dibuat harus memperkenalkan subjek yang ada agar penonton dapat mengikuti alur cerita yang disuguhkan. Lalu, konten juga harus menjunjung tinggi kesopanan. Tidak menyinggung pihak-pihak yang berkaitan.

            Ketujuh, kualitas video yang akan dibuat harus memikirkan segi audio visual. Musik yang ada harus bisa didengar dengan baik oleh penonton. Tulisan harus memperhatikan segi pengejaan dan  suku kata sehingga terhindar dari kesalahan penulisan maupun dialog yang ada dalam konten tersebut.

            Kedelapan, konten Youtube yang baik, biasanya akan mendapatkan respon yang baik dari penonton. Bisa berupa like, subscribe, maupun komentar. Jika hal ini terjadi, konten yang dibuat memperhatikan presentasi yang menarik di mata penonton.

Opini Penulis: Konten Youtube Indonesia, Spesialis Creator Tim2one

Tim2onemerupakan salah satu Creator Youtube Indonesia yang menurut saya sangat kreatif dalam mengambil topik yang ada. Konten video selalu menampilkan hasil edit yang profesional. Dan juga, video terbaru dari Tim2one mengusung tema Black Panther yang sedang hangat di tengah masyarakat.

            Sejarah Tim2one sudah banyak didengar oleh penonton sejatinya. Creator ini sudah mulai berkarya di platform Youtube sejak tahun 2008. Lebih dari 200 konten video yang diterbitkan di Youtube dan semua mendapatkan apresiasi yang baik.

            Video konten dengan judul 'Before & After Black Panther' dibuat karena melihat realitas di masyarakat setelah menonton film dari Marvel tersebut. Respon masyarakat setelah menonton film tersebut sangat antusias. Mereka mulai mengikuti gaya dari T'Challa, raja Wakanda sekaligus Black Panther yaitu 'Wakanda Forever', sambil menyilangkan tangan di dada.

Menurut saya, dari pembahasan diatas mengenai cara mempercantik konten video Youtube dari The University of Vermont, semua cara sudah digunakan dengan baik oleh Tim2one. Terlihat juga dari viewer yang ada yaitu 1.136.497 alias lebih dari satu juta penonton. SubscriberTim2one juga sudah mencapai lebih dari 1,6 juta penonton.

            Kualitas video yang selalu dibuat oleh Tim2one sangat bagus dan bisa mencapai 1080 HD. Informasi yang diberikan juga cerminan dari realitas yang terjadi setelah menonton film Black Panther. Durasi video juga sesuai dengan arahan yaitu tidak lebih dari empat menit, persisnya adalah 4:43 menit.