Mohon tunggu...
Nadia ParamitaBhakti
Nadia ParamitaBhakti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang

Saya adalah orang yang introvert namun sapat berbaur dengan cepat. Namun, saya tidak bisa untuk terus berinteraksi dalam waktu lama

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Edukasi Pencegahan Penyakit Menular Hand Foot and Mouth Disease pada Anak SD

9 Desember 2022   09:24 Diperbarui: 9 Desember 2022   10:30 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hand Foot and Mouth Disease merupakan penyakit menular yang tidak banyak orang mengetahuinya. Untuk itu, Kelompok 18 gelombang 11 Program Pengabdian Masyarakat (PMM) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) lakukan pengabdian masyarakat di SD Muhammadiyah 4 Malang, Provinsi Jawa Timur pada hari Kamis, 20 Oktober 2022.

Dalam program KKN berbasis PMM  ini, kelompok-18 melakukan sosialisasi sebagai bentuk pengenalan HFMD pada siswa kelas-3 SD Muhammadiyah 4 Malang.

Secara umum, Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau Penyakit Tangan Kaki dan Mulut (PTKM) merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus (Coxsackievirus dan Human Enterovirus 71) yang mudah menyebar dan menyebabkan : demam, nyeri tenggorokan atau menelan, nafsu makan yang menurun, nyeri, dan tidak enak badan. Sesuai namanya, setelah demam 1-2 hari. Penyakit Hand Foot and Mouth Disease akan timbul bintik-bintik merah di rongga mulut seperti sariawan, yang setelah beberapa hari kemudian akan timbul pula di area tangan dan kaki

Meski gejalanya ringan, HFMD dapat menimbulkan komplikasi jika tidak ditangani dengan benar. Seriawan di mulut dapat menyebabkan nyeri pada anak ketika menelan sehingga membuat mereka enggan untuk makan dan minum dan menimbulkan dehidrasi dan kurangnya gizi. Komplikasi yang lebih berat bisa berujung pada meningitis (radang selaput otak) dan ensefalitis yang dapat menyebabkan kematian, sehingga penting bagi anak-anak untuk mengetahui penyakit ini lebih awal sebagai salah satu bentuk preventif penyakit ini.

Sosialisasi berlangsung di aula atas SD Muhammadiyah 4 Malang yang dihadiri siswa kelas-3. Materi Hand Foot and Mouth Disease (HFMD)  ini dijelaskan oleh Sri Astuti selaku anggota dari PMM kelompok-18 gelombang-11. Antusiasme yang dipancarkan oleh anak-anak kelas-3 sangat terlihat ketika sesi tanya jawab. Acara edukasi diakhiri dengan sesi quiz berhadiah yang menambah semangat para siswa untuk menjawab.

Dengan dijalankannya program kerja ini, harapan kami selaku anggota kelompok-18 gelombang-11 PMM Bhaktiku Negeri UMM adalah dapat menambah wawasan siswa kelas-3 SD Muhammadiyah 4 Malang tentang HFMD sebagai bentuk preventif dari penyakit tersebut.

Penulis : Nadia Paramita Bhakti Putri 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun