Mohon tunggu...
Nadia juliati
Nadia juliati Mohon Tunggu... Perawat - Student

Mahasiswa kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Perkembangan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan AKI di Indonesia Saat Ini

20 Januari 2020   15:53 Diperbarui: 12 April 2021   18:16 6897 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perkembangan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan AKI di Indonesia Saat Ini
Ilustrasi perkembangan kesehatan ibu dan anak (KIA) di Indonesia (Sumber : www.ringkaskata.com)

Oleh : Nadia Juliati

NIM : 180201039

Universitas Muhammadiyah Riau 

PERKEMBANGAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) SERTA ANGKA KEMATIAN IBU DAN ANAK (AKI)  DI INDONESIA SAAT INI

Kesehatan Ibu dan Anak adalah upaya di bidang kesehatan yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan Ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi, anak balita serta anak prasekolah. 

Memfasilitasi masyarakat untuk membangun system kesiagaan masyarakat dalam upaya mengatasi situasi gawat darurat dari aspek nonklinis terkait kehamilan dan persalinan merupakan salah satu pemberdayaan masyarakat di bidang KIA.

Menurut WHO angka kematian ibu (AKI) umumnya terjadi akibat komplikasi saat, dan pasca kehamilan yang mencapai 100.000 per kelahiran hidup. Hingga pada tahun 2018/2019 AKI di Indonesia masih sangat tinggi dengan 305 per 1000 kelahiran hidup, "ungkap Meiwita Budhiharsana dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Ketua Komite Ilmiah ICIFPRH. 

AKI dapat disebabkan oleh perencanan kehamilan yang  kurang matang, sehingga perempuan melahirkan terlalu banyak, terlalu dekat, terlalu muda, dan kurang akan pengetahuan tentang pentingnya kesehatan kehamilan.

Peran pemerintah dalam mengatasi masalah angka kematian ibu (AKI) di awali dengan kesehatan di sekolah, kemudian terkait dengan reproduksi remaja. Selanjutnya ke program tentang pelayanan anatal care, persalinan dan pelayanan kepada bayi. Selain itu, Kemenkes juga melakukan perluasan akses serta mutu pelayanan seperti:

Memperbanyak tenaga kesehatan di daerah terpencil yang memang jangkauan pelayanannya masih dirasa kurang.

Di pulau Jawa, masih dirasa kurang untuk beberapa hal tertentu. Karena memang yang hamil di pulau Jawa ini sangat banyak, lebih banyak di bandingkan daerah daerah lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan