Mohon tunggu...
Nadia Afnel
Nadia Afnel Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fnel_nel

Dosen Pembimbing: Dr. Cik Suabuana, Mpd

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kknt Tematik UPI Pendidikan, Guru, dan Pandemi Covid-19

1 Agustus 2021   23:00 Diperbarui: 1 Agustus 2021   23:02 19 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kknt Tematik UPI Pendidikan, Guru, dan Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulai, serta keterampilan setiap peserta didik dan  masyarakat. 

Secara sederhana pendidikan adalah proses pembelajaran bagi peserta didik untuk bisa faham dan mengerti sehingga bisa berfikiran kritis. Sedangkan pendidikan menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa dan guru kepada anak maupun peserta didik untuk bisa mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar melaksanakan tugas hidupnya maupun mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan dari orang lain. 

Guru adalah seorang tenaga pendidik yang sudah profesional mendidiknya, mengajarkan, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik. Guru tidak hanya mengajarkan peserta didiknya secara formal tapi juga pendidikan lainnya dan menjadi sosok yang di teladani oleh para muridnya. 

Adapun beberapa tugas guru sebagai berikut:

1. Mengajar peserta didik

2. Mendidik peserta didik

3. Melatih peserta didik

4. Membimbing dan mengarahkan peserta didik

5. Memberikan dorongan kepada peserta didik

Maka dari itu kita dapat memahami bahwa peran guru sangatlah penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas baik secara intelektual maupun akhlaknya. 

Pandemi Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru-baru ini ditemukan, yang mana sebagian besar orang yang tertular virus corona akan mengalami gejala yang ringan hingga sedang, bahkan akan mengakibatkan meninggal dunia. Tapi kebanyakan dari orang-orang yang terpapar virus corona ini juga bisa sembuh dengan sendirinya tanpa dirawat di rumah sakit. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x