Mohon tunggu...
Nadia Hutaminingtyas
Nadia Hutaminingtyas Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Asah Kreativitas dan Sportivitas, Mahasiswa KKN UNDIP Laksanakan Lomba Mewarnai untuk Siswa-Siswi SD

16 Agustus 2022   08:15 Diperbarui: 16 Agustus 2022   08:18 31 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dokpri
Tegal (28/7) --- Kreativitas merupakan suatu proses ketika seseorang menggunakan imajinasinya dan sejumlah kemungkinan yang akan diperoleh melalui gagasan, orang lain, atau lingkungan. Usia 6 sampai 12 tahun merupakan usia paling produktif bagi anak-anak untuk belajar, menemukan, dan melakukan hal baru.

Siswa yang duduk di Sekolah Dasar (SD) mayoritas ada dalam rentang usia 6 sampai 12 tahun. Hal ini sangat sesuai dengan kemampuan kreativitas anak. Melalui kesempatan tersebut, Mahasiswa KKN UNDIP mengadakan perlombaan mewarnai untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di kelas 1, 2, dan 3 di SD Negeri Panggung 09 Kota Tegal. Tujuan diadakannya perlombaan ini adalah tak lain untuk mengasah kreativitas anak melalui kombinasi warna, teknik mewarnai, dan perkembangan imajinasi anak melalui gambar yang telah disediakan.

Dokpri

Perlombaan berlangsung pada hari Kamis, 28 Juli 2022 dimulai pada pukul 09.00 dan siswa-siswi diberi waktu selama 60 menit untuk menyelesaikan proses mewarnai. Juri dari perlombaan ini adalah Bapak Edi Ghozali, S.Pd. dari Sanggar Lukis Luna Kota Tegal dan Bapak Gaharu Pamungkas, S.Pd. yang saat ini berstatus sebagai Guru SD Negeri Randugunting 03 Kota Tegal. Disela-sela penjurian, anak-anak melakukan sejumlah permainan yang telah dipersiapkan oleh Mahasiswa KKN UNDIP untuk menghilangkan kebosanan dan menghidupkan suasana yang menyenangkan.

Dokpri

Setelah pengumuman pemenang, disitulah sportivitas anak-anak dilatih. Mereka harus belajar untuk merelakan dan berbahagia atas kemenangan temannya. Pembelajaran bagi siswa-siswi SD N Panggung 09 Kota Tegal adalah tidak selalu seluruh keinginan dapat tercapai, mengingat seluruh siswa ingin menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut. Persaingan yang sehat, akan menghasilkan pertemanan yang sehat pula.

Penulis : Nadia Hutaminingtyas
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Clara Yully Diana Ekaristi, SE., M.Acc
Lokasi : Kelurahan Panggung, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan