Mohon tunggu...
Khadlel Nadhief
Khadlel Nadhief Mohon Tunggu... Pelajar Biasa

Mahasiswa semester 4 Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, mempunyai banyak mimpi yang harus diwujudkan dengan bekerja keras. Aamiin...

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Sukses Mendunia, Brand Fashion Indonesia Tembus Pasar Internasional

2 Juni 2019   12:00 Diperbarui: 2 Juni 2019   13:30 0 0 0 Mohon Tunggu...
Sukses Mendunia, Brand Fashion Indonesia Tembus Pasar Internasional
Tangkap layar IG orbitgear

Banyak produk-produk impor yang beredar di Indonesia, namun bukan berarti produk lokal tidak bisa menembus pasar Internasional. Karya Indonesia kini telah dilirik dari banyak mancanegara baik dari lagu, film, hingga fashion. Selain itu gaya signature dari clothing-brand yang juga menunjukan vibe yang sangat berbeda sehingga sering kali brand karya anak bangsa ini disangka merupakan salah satu brand yang berasal dari luar negeri. 

Memang tak dapat dipungkiri jika kebanyakan masyarakat Indonesia sangat konsumtif. Mayoritas dari kita lebih suka membeli produk daripada membuatnya sendiri. Kebanyakan pula masyarakat kita masih gengsi membeli produk dalam negeri. Karena kita seringkali meremehkan produk buatan tanah air. Masih banyak yang berspekulasi bahwa kualitas produk sendiri lebih rendah dibandingkan dengan kualitas produk yang berasal dari luar. Misalnya saja untuk barang seperti baju, sepatu hingga tas. Kita masih gengsi jika belum bisa membeli barang-barang yang branded.

Padahal banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dengan membeli produk dalam negeri. Selain bisa lebih meningkatkan pendapatan industri dalam negeri, kita juga bisa lebih memperkuat rasa bangga akan produk dalam negeri. 

Produk Fashion asal Indonesia sudah banyak yang sukses karena kualitas dan mutunya. Buktinya adalah beberapa produk Indonesia ada yang sudah tembus pasar internasional. Masyarakat luar negeri bahkan sudah mengakui kualitas produk Indonesia dan terbukti beberapa produk Indonesia laku keras.

 

Berikut Brand fashion asal Indonesia dari yang tidak kalah keren dari brand fashion Internasional.

 

1. Orbit Gear

Orbit Gear merupakan salah satu brand lokal yang berfokus pada Fashion-Techwear, selain desain, konsep dan kualitas yang bagus, tak heran jika harga yang ditawarkan lumayan mahal. Untuk ukuran harga jacket saja yang merupakan hasil kolaborasi dengan Dominate Jakarta dibandrol sekitar 1,8 juta Rupiah dan produk tersebut sold out dalam kurun waktu seminggu.

Orbit Gear adalah Technical Gear dan Gunman Maker yang diproduksi secara in-house mempunyai sebuah filosofi desain Form Follow Functions, yang berarti bahwa semua yang ada dalam produk tersebut semuanya adalah Functional Detail yang menjadi ciri khas dari Techwear itu sendiri.

Teachwear sendiri merupakan sebuah design pencampuran antara fashion dan outdoor outfit dengan sedikit sentuhan military style. Terinspirasi dari gaya anime, urban ninja, cyberpunk film "Alita:Battle Angel" dan "Akira".

Sumber: https://www.telegraph.co.uk 
Sumber: https://www.telegraph.co.uk 

 

2. Public Culture

Sumber: Public Culture
Sumber: Public Culture

Public Culture merupakan sebuah hasil dari ekspresi dan ide yang akhirnya direalisasikan menjadi sebuah brand, oleh karena itu setiap perilisan Public Culture akan dijadwalkan dalam beberapa season, seperti season sekarang, Public Culture mengungsung tema Dysfunctional Dystopia.

Berawal dari kejenuhan akan trend-fashion yang biasa-biasa saja dalam industri fashion lokal, Michael Kurniawan berpikiran untuk menciptakan sebuah brand yang bisa mempresentasikan Hits Culture, Collorfullness , Expressions yang dikemas dalam konsep Playful Dailywear.

Konsep Public Culture sendiri yaitu ingin menjual ekspresi Hits Culture, maksudnya apa yang sedang terjadi saat ini ( Hype ) yang akan transform into visuals dalam produk nya. Inspirasi Public Culture sendiri datang dari permasalahan sekitar yang ada di Indonesia saat ini. Dengan latar belakang pendidikan desain komunikasi visual, tak heran jika Michael banyak menggunakan gambar 2D yang lucu dan menarik pada setiap tampilan desain Public Culture. 

Public Culture, sebagai salah satu Streetwear Label yang berpusat di Jakarta, tepatnya di Jalan Kemang Selatan ini, berhasil memperluas pasarnya ke dunia Internasional. Berdiri pada tahun 2015, Public Culture ditujukan untuk gaya hidup anak muda. Selain masuk dalam salah satu media Hypebeast, Highsnobiety, dalam koleksi terbarunya, Public Culture sering berkolaborasi dengan brand-brand luar negeri, salah satunya yaitu, Little Sunny Bite or LSB, brand clothing asal Tokyo, bereksperimen dengan gaya grafik, warna dan kualitas baju yang dipadukan dengan gaya brand Indonesia dan Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2