Mohon tunggu...
Nadhira Amalia
Nadhira Amalia Mohon Tunggu... Jangan menyerah

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Penyebab Utama Banjir di Daerah Padalarang

14 Januari 2020   17:56 Diperbarui: 14 Januari 2020   18:03 21 0 0 Mohon Tunggu...

Hujan yang mengguyur didaerah Padalarang Kab. Bandung Barat pada saat hari Selasa 31 desember 2019 pada pukul 16:30 saat it mengguyur sangat deras. Hujan itu disertai angin kencang dan geluduk, semua merasa sangat khawatir akan adanya banjir pada saat itu dan ternyata setelah turun hujan beberapa menit lalu terjad, berita datangnya banjir didaerah Padalarang terjadi. 

Tepatnya di daerah underpass stasiun Padalarang yang sangat tidak disangka oleh semua warga setempat. Pada saat itu banjir yang sangat tinggi kedalamannya hampir menghabisi semua kediaman warga daerah sekitar, semua warga yang tinggal didaerah setempat yang berjualan barangnya pun ikut terbawa banjir pada saat itu.

Diketahui penyebab utama terjadinya banjir tersebut adalah yang pertama karena adanya penyumbatan saluran karena sampah yang sangat menumpuk pada saat itu. Titik banjir tidak hanya didaerah underpass stasiun Padalarang saja, tapi masih banyak titik kebanjiran yang lainnya. Sangat tidak diduga oleh warga setempat akan adanya banjir, karena dari tahun ke tahun pun belum pernah mengalami kejadian seperti itu. 

Tidak hanya sampah saja penyebabnya, melainkan juga karena adanya pembuatan kereta api cepat yang mengakibatkan banjir tersebut. Sangat bertepatan sekali pembuatan kereta api itu pada tahun sekarang. Banyak sekali warga yang merasa terugikan oleh kejadian banjir pada saat itu, puluhan rumah teredam banjir untungnya banjir tersebut tidak berlangsung lama. Pihak pembantuan bencana pun segera turun tangan dan ikut membantunya.

Maka dari itu hal yang harus kita lakukan setelah terjadinya banjir di sebagian titik, kita harus lebih waspada akan kembali terjadinya lagi. Tidak hanya waspada kitapun harus ikut dalam program membuang sampah pada tempatnya, karena jika kita masih membuang sampah sembarangan makan peluang besar akan terjadinya lagi banjir sangat mudah. Karena sampah adalah pemicu besar terjadinya banjir.

VIDEO PILIHAN