Mohon tunggu...
Nadhiroh
Nadhiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Jamu Tradisional Dapat meningkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

3 Agustus 2021   15:26 Diperbarui: 3 Agustus 2021   15:42 27 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jamu Tradisional Dapat meningkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19
Dokumen Pribadi 

Mahasiswa KKN UNDIP di Kelurahan Gayamsari melaksanakan program kegiatan yaitu dengan pemberian pembelajaran pembuatan jamu tradisional dan sosialisasi serta pembagian produk olahan jamu tradisional ke masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh dimasa pandemi Covid-19.

Semarang (3/8/21). Dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, menjaga kesehatan merupakan cara yang paling ampuh untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Menjaga Kesehatan dapat dilakukan dengan berolahraga, makan makanan yang bergizi, dan mengonsumsi vitamin. Selain itu banyak sekali masyarakat yang masih mengonsumsi jamu tradisional. Di Kelurahan Gayamsari sendiri saat pandemi Covid-19 (30/6/21) terdapat 2 Rukun Tetangga yang terkena dampak Covid-19 yaitu 55 orang diharuskan isolasi mandiri di rumah serta 7 orang isolasi di rumah sakit. Penyebab terpapar virus Covid-19 diantaranya yaitu kurangnya penerapan protokol kesehatan dan imun tubuh yang lemah. Tim KKN mempunyai solusi berupa pembuatan jamu tradisional untuk meningkatkan imun masyarakat di Kelurahan Gayamsari, khususnya masyarakat yang sedang isolasi mandiri supaya lekas membaik.

Jamu adalah ramuan atau racikan dari berbagai rempah-rempah yang digunakan masyarakat Indonesia sebelum adanya obat kimia. Hingga saat ini jamu menjadi salah satu alternatif obat yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada berbagai bentuk jamu yang biasa dikonsumsi, mulai dari serbuk hingga jamu segar atau jamu gendong.

Dokumen Pribadi 
Dokumen Pribadi 

Oleh karena itu kami peserta KKN UNDIP yang melaksanakan KKN di Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang bergerak untuk mendorong masyarakat Kelurahan Gayamsari untuk membuat jamu tradisional. Dalam penerapannya, kami melakukan sosialisasi serta membagikan produk jamu ke masyarakat, dan memberikan pembelajaran pembuatan jamu tradisional melalui video ke Ibu Lurah Gayamsari supaya dapat diteruskan ke masyarakat Kelurahan Gayamsari. Jamu yang kami buat mengandung jahe, kunyit, temulawak, sereh, dan kayu manis. Banyak sekali manfaat dari olahan jamu tradisional salah satunya yaitu antioksidan untuk meningkatkan imun tubuh.

Dokumen Pribadi 
Dokumen Pribadi 

Pelaksanaan program pembelajran pembuatan jamu tradisional dimasa pandemi Covid-19 dan pembagian produk olahan jamu mendapat respon yang baik karena masyarakat dapat mengetahui manfaat yang terdapat dalam jamu tradisional. Setelah dilaksanakannya program diharapkan masyarakat dapat selalu menjaga imun tubuh supaya tetap sehat dan dapat lekas membaik untuk warga yang sedang isolasi mandiri

Oleh : Nadhiroh

Dosen Pembimbing Lapangan : Dra. Puji Astuti, M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan