Mohon tunggu...
Nadhiroh
Nadhiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Awas, Radiasi Gadget Sangat Berbahaya dan Pentingnya Edukasi Penggunaan Gadget di Masa Pandemi

1 Agustus 2021   22:12 Diperbarui: 1 Agustus 2021   22:21 158 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Awas, Radiasi Gadget Sangat Berbahaya dan Pentingnya Edukasi Penggunaan Gadget di Masa Pandemi
Poster Bahaya Radiasi Gadget

Mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 salah satunya di Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Salah satu program KKN-1 yang dilakukan yaitu eduksi efek radiasi terhadap penggunaan gadget dimasa pandemi Covid-19.

Kelurahan Gayamsari merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang yang memiliki 9 Rukun Warga, 68 Rukun Tetangga dengan penduduk sebanyak 13.481 jiwa serta 4186 kepala keluarga. Saat pandemi Covid-19 (30/06) di Kelurahan Gayamsari terdapat 2 Rukun Tetangga yang terkena dampak Covid-19 yaitu 55 orang diharuskan isolasi mandiri di rumah serta 7 orang isolasi di rumah sakit. 

Saat pandemi Covid-19 ini masyarakat diharuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal ini menyebabkan waktu pemakaian gadget semakin meningkat karena hampir seluruh aktivitas dilakukan secara daring, dimana hampir setiap orang beraktifitas menggunakan smartphone/gadget, mulai dari pejabat, pegawai negeri maupun swasta, pelajar, mahasiswa, bahkan balita, laki-laki maupun perempuan. 

Namun dibalik penggunaan gadget, terdapat hal yang sangat merugikan bagi penggunanya, Hal ini seringkali seorang pengguna tidak mengetahui dan bahkan tidak menyadarinya.

Minimnya pemahaman masyarakat di Kelurahan Gayamsari tentang dampak radiasi elektromagnetik dari gadget yang selalu digunakan selama masa pandemi COVID-19. Gelombang elektromagnetik pada gadget/smartphone mengandung radiasi kuat yang dapat menembus ruang hampa dan jaringan otak secar tegak lurus yang jika digunkan terus menerus maka dapat menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma. Radiasi gadget mempercepat pembentukan neoplasma dari sel sel yang tidak wajar menjadi sel kanker aktif pada otak.

Edukasi ini telah disampaikan kepada Ibu PKK dan Ibu lurah Gayamsari. Nantinya Ibu ketua PKK  dan Ibu lurah Gayamsari yang akan menyebarkan edukasi tersebut kepada anggotanya dipertemuan bulanan. Edukasi diberikan dalam bentuk poster, selain memberi poster juga memberikan video animasi sebagai media agar mudah untuk dipahami. Link Video : https://youtu.be/AXi-gwePM2A 

Edukasi Bahaya Radiasi Gadget
Edukasi Bahaya Radiasi Gadget

Pelaksanaan program eduksi efek radiasi terhadap penggunaan gadget dimasa pandemi Covid-19 mendapat respon yang baik karena mereka dapat mengetahui bahaya apa yang dapat ditimbulkan dari paparan radiasi gadget dan bagaimana cara yang tepat agar tidak terpapar oleh radiasi dari gadget. 

Setelah dilaksanakannya program diharapkan masyarakat dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat di Kelurahan Gayamsari terutama para orang tua agar dapat memantau anak-anaknya dalam menggunakan gadget sehingga tidak terjadi efek yang membahayakan bagi perkembangan anak. Dan untuk para remaja agar dapat lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan gadget.

Oleh : Nadhiroh

Dosen Pembimbing Lapangan : Dra. Puji Astuti, M.Si.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN