Mohon tunggu...
Nadhira Shafa
Nadhira Shafa Mohon Tunggu... nadhira

:)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar TIK di SMP Labschool Jakarta

10 November 2018   08:35 Diperbarui: 10 November 2018   08:39 255 0 1 Mohon Tunggu...

Belajar TIK merupakan salah satu cara sisea mengetahui cara menggunakan komputer dan internet dengan bank dan benar. Guru TIK di SMP Labschool Jakarta memberitahu tugas yang diberikannya pada para murid dengan mengupload tugas yang diberikan ke blog. 

Cara belajar seperti ini merupakan cara belajar yang efektif, sehingga para murid yang tidak hadir saat pelajaran berlangsung dapat mengetahui tugas apa yang diberikan saat mereka tidak hadir. 

Cara ini juga merupakan cara yang efektif untuk para guru. Saat guru menulis dan mengupload di blog, otomatis informasi yang diupload itu akan tersimpan. Sehingga jika sewaktu-waktu guru lupa tugas apa yang diberikannya pada pertemuan tertentu, guru tersebut dapat melihat tugas yang diberiklannya.

Guru TIK di SMP Labschool Jakarta bernama Wijaya Kusumah. Atau biasa dipanggil Omjay. Omjay memiliki blog untuk memberitahu tugas TIK yang diberikannya. Blog Omjay yaitu wijayalabs.com. Omjay adalah penulis yang hebat. Blog Omjay sudah dikunjungi oleh lebih dari 790.000 orang dari Indonesia dan total sudah lebih dari 1.800.000 orang dari seluruh dunia.  Omjay juga ikut berpartisipasi dalam Olimpiade TIK Nasional 2018 yang akan diselenggarakan di Bali.

Fasilitas untuk belajar TIK di SMP Labschool Jakarta sangat lengkap, internetnya jarang lamban, dan juga tugasnya seru. Waktu itu, kelas 7 pernah ditugaskan untuk membuat video 'Labschool Rumah Keduaku'. Kami mengerjakan tugas ini secara berkelompok. Tugas ini sangat perlu kerjasama. Ada yang menjadi cameraman, ada yang menjadi editor, dan lain-lain. Setelah tugas ini selesai dikerjakan, kami mengupload video tersebut ke YouTube dan video tersebut akan dilombakan seangkatan. Yang viewersnya paling banyak, kelompok tersebutlah yang menang.

Pokoknya, cara belajar TIK di SMP Labschool Jakarta sangat seru dan yang pasti bermanfaat saat kami dewasa. Kami bisa menjadi penulis yang andal. Untuk menjadi penulis tidak harus menunggu sampai umur kita 20 tahun lebih. Kita bisa menjadi penulis mulai sekarang asal tulisan-tulisan kita bermanfaat dan tidak menjatuhkan orang lain.

Oleh : Nadhira Shafa Utami

No. Absen : 28

Kelas : 7D

VIDEO PILIHAN