Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Penulis - Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Sejarah Rawon yang Katanya Sudah Ada Sejak 1000 Tahun Lalu

28 Juni 2021   08:30 Diperbarui: 28 Juni 2021   08:28 1133 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejarah Rawon yang Katanya Sudah Ada Sejak 1000 Tahun Lalu
Hidangan Rawon | kompas.com

Sebuah kejadian unik terjadi di ajang Masterchef Indonesia Season 8. Salah seorang perserta yang bernama Jesselyn, bisa memenangkan tantangan membuat Rawon, meskipun ia sebenarnya belum pernah membuat rawon sendiri.

Chef Juna, Chef Arnold, dan Chef Renata membuat tantangan bernama Fix The Dish Rawon. Jdi, para peserta disuguhi hidangan rawon dari juri yang rasanya belum sempurna. Mereka diminta untuk memperbaikki rasanya agar sesuai dengan rawon khas daerah asalnya.

Rawon merupakan salah satu hindangan Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Meskipun begitu, rasa rawon sudah melekat di banyak lidah orang Indonesia, bahkan tak hanya di Jawa Timur. Meskipun, di beberapa daerah saat rawon disajikan biasanya disesuaikan dengan selera masyarakatnya.

Contohnya, rawon di Jawa Barat seperti di Bandung, saat kamu pergi ke rumah makan, akan lebih sering menemukan yang kuahnya tidak sekental rawon Jawa Timur. Karena lidah orang sunda yang lebih suka makanan gurih daripada terlalu manis, rasa rawon di sini uga cenderung lebih asin gurih.

Baca juga: Kelana Rasa Rujak Cingur dan Warisan Budaya

Lalu, sebenarnya bagaimana sejarah rawon aslinya? Berikut rangkuman dari berbagai sumber yang sudah penulis buat.

Secara umum, rawon yang dikenal di Indonesia merupakan hidangan yang bahan-bahannya terdiri dari campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombak, kluwek, ta minyak garam, serta minyak nabati.

Sementara isinyaa utamanya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, yang diambil biasanya bagian sandung lamur.

Sejarah rawon

Ciri khas rawon adalah kuahnya yang berwarna cokelat ke hitaman. Bumbu identik yang membua kuahnya berwarna kehitaman ini dinamakan kluwek. Meskipun sejarah rawon berasal dari Jawa Timur, namun sejak dahulu rawon juga sudah dikenal dan dinikmati oleh masyarakat di Jawa Tengah bagian timur.

Sejarah rawon yang menurut catatan sudah ada sejak 1.000 tahun lalu ini karena penemuan sebuah prasasti bernama prasasti Taji. Dalam prasasti tersebut rawon disebut sebagai hidangan dengan nama rarawwan.

Nah, rarawwan ini adalah rawon yang saat ini kita kenal. Ternyata, hidangan rawon ini juga memiliki banyak jenisnya, dengan sentuhan khas berbeda di masing-masing wilayahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x