Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kenali Tanda-Tanda Penyakit Gagal Ginjal Ini Sebelum Terlambat

23 Juni 2021   12:07 Diperbarui: 23 Juni 2021   12:47 534 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali Tanda-Tanda Penyakit Gagal Ginjal Ini Sebelum Terlambat
Ilustrasi orang sakit ginjal | pexels/kindel media

Vokalis band Steven & Coconut Treez dikabarkan meninggal dunia pad 22 Juni 2021, akibat sakit gagal ginjal kronis yang telah dilawannya selama empat tahun lamanya. Penyakit semakin parah setelah sempat dinyatakan positif COVID-19.

Meskipun begitu, sebelum menghembuskan napas terakhirnya, vokalis yang identic dengan rambut gimbalnya ini sempat dinyatakan sudah negatif COVID-19. Dilansir dari kompas.com, ternyata banyak penderita gagal ginjal yang gagal mengetahui lebih awal bahaya penyakit gagal ginjal yang diidapnya.

Bahkan, berdasarkan data dari National Kidney Foundation, hanya 10% penderita gagal ginjal yang tahu sejak awal jika mereka mengidap penyakit ini. Deteksi awal gagal ginjal sebenarnya bisa dilakukan dengan pengecekan rutin di setiap tahun.

Baca juga: Gagal Ginjal: Mendeteksi Gejala dan Penyebab Rusaknya Penyaring Racun dalam Tubuh

Pemeriksaan ini penting, terutama jika memiliki risiko terkena gagal ginjal lebih tinggi. Siapa saja yang berisiko?

  • Punya tekanan darah tinggi
  • Memiliki masalah diabetes
  • Memiliki keluarga dengan riwayat ginjal
  • Usia di atas 60 tahun
  • Cek apa tanda-tanda penyakit gagal ginjal ini!

1. Sering merasa lelah

Berdasarkan WebMD, fungsi ginjal antara lain sebagai organ untuk menyaring limbah atau racun dari darah. Selanjutnya limbah dibuang dalam bentuk urin. Nah, saat ginjal fungsinya tidak berjalan, maka racun bisa menumpuk di dalam tubuh.

Kinerja ginjal yang terganggu ini akan menghasilkan hormone pemberi kode pada tubuh untuk sel darah merah menjadi terganggu. Jika sel darah merah ini berkurang, maka akibatnya darah tidak akan bisa optimal mengirimkan oksigen ke otak serta otot. Kondisi ini berakibat pada tubuh yang mudah lelah, lemah, hingga terus-menerus lesu 

2. Sleep Anea

Sleep Anea adalah penyakit yang membuat penderita kekurangan oksigen saat tidur. Ternyata penyakit ini sangat memiliki korelasi dengan penyakit gagal ginjal. Jika Sleep anea terjadi berkepanjangan, bisa merusak ginjal.

Sementara untuk penderita gagal ginjal yang sudah kronis, lambat laun juga bisa sebabkan Sleep Anea. Karena memicu tenggorokan bisa semakin sempit, penumpukan racun, dan lainnya.

3. Kulit gatal-gatal  

Salah satu fungsi ginjal adalah menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang tepat dalam tubuh. Apabila fungsi ginjal ini terganggu maka terjadi kondisi dimana ginjal tidak dapat mengeluarkan racun dari salam tubuh, dan racun menumpuk di dalam darah, inilah yang memicu ruam dan gatal pada kulit.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Ginjal Anda Penting dan 8 Aturan Emas Merawat Ginjal

4. Kaki Bengkak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x