Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Faktor Penyebab Kanker Hati yang Harus Diketahui!

19 Juni 2021   13:30 Diperbarui: 19 Juni 2021   13:46 118 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Faktor Penyebab Kanker Hati yang Harus Diketahui!
Ilustrasi tulisan gambar kanker hati | pexels/Anna Tarazevich

Aktor Gary Iskak yang juga suami aktris Richa Novisha dikabarkan terserang penyakit Kanker Hati. Menurut foto di media sosial yang sempat beredar, sang aktor sempat terlihat begitu kurus dan terkulai lemas di ranjang rumah sakit dengan selang-selang infus.

Banyak orang yang mungkin tidak langsung mewaspadai bahaya kanker hati ini. Menurut pengertiannya, kanker hati merupakan pertumbuhan sel abnormal atau tumor ganas yang mulanya datang dari organ hati.

Dilansir dari Mayo Clinic oleh kompas.com, hati atau liver ini adalah organ tubuh yang ukurannya seperti bola yang terletak di perut bagian kanan atas, tepatnya di bagian atas diafragma. Ketika penyakit kanker hati ini muncul banyak penderitanya yang tak langsung menyadari.

Ketik penyakit kanker hati mulai terasa muncul hingga berpangaruh pada kondisi tubuh, gejala yang bisa dirasakan seperti berat badan yang turun drastis tanpa alasan, tidak nafsu makan, perut bagian kanan atas terasa sakit, mual muntah, lemah lesu, perut bengkak, hingga kulit serta bagian putih mata berwarna kekuningan.

Penyebab kanker hati ini bisa karena banyak kondisi tertentu. Risiko terkena penyakit kanker hati juga bisa lebih meningkat dari faktor bertambahnya usia, genetika, gaya hidup dan lingkungan. Menurut Cancer UK, ada beberapa faktor penyebab kanker hati.

Baca juga: Kanker Getah Bening: Ketahui Gejala dan Penyebab Sakit dari Suami Tasya Kamila

1. Usia lanjut

Penderita kanker hati bisa siapa saja, tidak mengenal usia. Namun, memang lebih sering menyerang orang tua. Mereka yang divonis penyakit kanker hati usia mayoritasnya 60 tahun ke atas. Hingga yang sudah berusia 85 lebih.

2. Sirosis hati

Sirosis hati kerap kali disebut sebagai salah satu penyebab kanker hati. Sirosis adalah pertumbuhan jaringan parut akibat rusaknya organ. Ketika jaringan parut tumbuh di organ tubuh, maka bisa mengganggu fungsi seharusnya organ tersebut.

Jika sudah ada yang memiliki sirosis hati, maka risiko terkena penyakit kanker hati bisa lebih meningkat. Mskipun begitu tingkat riskonya bervariasi tergantung jenis sirosis. Untuk sirosis hati biasanya disebabkan oleh  infeksi virus hepatitis B dan C dalam jangka Panjang.

Selain itu bisa jadi karena minum alcohol berlebihan, gangguan kelebihan zat besi, juga perlemakan hati.

3. Merokok

Tak hanya kanker paru-paru yang sering disebut sebagai penyakit berbahaya yang mengintai perokok. Kanker hati juga bisa disebabkan karena kebiasaan merokok. Di tambah lagi, jika perokok ini memiliki hepatitis B dan C. Maka, peluang kanker hati semakin meningkat.

Baca juga: Cukup Riskan, Bahaya Makanan Pendamping Nasi yang Sering Disepelekan

4. Obesitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x