Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Sosial Media Menjadi Tren, 3 Pekerjaan Ini Paling Dicari di Digital Marketing

16 Juni 2021   22:00 Diperbarui: 16 Juni 2021   22:00 124 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosial Media Menjadi Tren, 3 Pekerjaan Ini Paling Dicari di Digital Marketing
Ilustrasi perempuan sedang bekerja | Pexels/Mikael Blomkvist

Seiring dengan perkembangan teknologi yang mengubah gaya hidup, banyak jenis profesi baru yang bermunculan. Jenis profesi ini justru kini semakin dicari. Nah, buat kamu yang sedang bingung dengan jurusan kuliah yang ingin diambil mungkin bisa coba cek dahulu apa saja profesi yang kini paling dicari.

Karena masih baru, banyak juga yang belum paham betul apa saja yang dikerjakan oleh jenis-jenis profesi ini. Padahal, lahannya sangat cocok untuk kaum millennial yan sangat erat dengan teknologi dan sosial media. Selain itu, dari berbagai bidang usaha, umumnya membutuhkan posisi ini di kantor mereka.

Sejak beberapa tahun belakangan, bidang digital marketing semakin eksis. Setiap perusahaan kini semakin banyak yang mencari dan membutuhkan profesi ini di perusahaannya.

Baca juga: Storytelling Marketing, Caraku Membangun Personal Branding dengan Pelanggan

Apa saja? Cek daftarnya berikut ini.

1. Social Media Officer

Ketika membuka situs pencarian kerja, ngaku deh pasti kamu sering kali melihat nama profesi satu ini. Terlihat menggiurkan, bahkan posisi untuk profesi ini juga banyak ditawarkan dari perusahaan internasional.

Pekerjaan ini cocok buat kamu yang suka menyelami dunia sosial dan senang berinteraksi di dunia maya. Tugas seorang Social Media Officer adalah bertanggung jawab untuk pemasaran dan interaksi  yang terjadi di media sosial.

Tetapi, jangan samakan dengan admin media sosial ya, karena Social Media Officer ini lebih kepada menyiapkan strategi dan memantau jalannya social media di perusahaan. Selain itu juga seperti memperbaharui situs media sosial, menulis blog dan artikel, memeriksa umpan balik pelanggan.

Termasuk mengawasi kompetisi dan kampanye yang mempromosikan perusahaan dan masih banyak lagi. Umumnya, ilmu untuk pekerjaan ini lebih banyak didapat dari jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, banyak perusahaan yang membebaskan dari mana saja latar pendidikannya.

Selama memang tertarik dengan bidang terkait ini. Contoh sederhananya, meskipun kamu dari jurusan hukum, namun kamu bisa setidaknya sedikit pengalaman ilmu ini dengan menjadi humas dan admin di komunitas kampus yang kamu ikuti. Menarik, bukan?

2. Copy Writer

Masih berada di bidang yang tak jauh berbeda, pekerjaan yang paling dicari saat ini juga ada Copy Writing. Meskipun ada kata "writing" namun profesi ini berbeda dengan "Content Writing". Content Writing pengertian umumnya penulis konten dan biasanya bekerja untuk media online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN