Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Penulis - Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Langkah-Langkah Membuat Konten YouTube Bisa Menghasilkan Uang!

8 Juni 2021   13:05 Diperbarui: 8 Juni 2021   16:22 723 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Langkah-Langkah Membuat Konten YouTube Bisa Menghasilkan Uang!
Ilustrasi youtuber | pexels/Karolina Grabowska

Dewasa ini platform YouTube semakin menjadi trend. Tak hanya bagi mereka yang memang sudah menyandang gelar selebritis, tetapi banyak juga yang lahir menjadi selebritis berkat YouTube. Mulai dari rajanya YouTube seperti Atta Halilintar dan Rans Entertaiment milik Raffi Ahmad.

Hingga mereka yang hijrah ke YouTube setelah sukses di televisi, seperti Deddy Corbuzier dan Boy William. Bisa juga ada artis yang punya bakat terpendam sebagai YouTuber seperti Anji dan  Gritte Agatha.

Semua kalangan usia rasanya semua mencoba menjadikan YouTube sebagai sumber penghasilan mereka. Beragam konten YouTube hadir dalam banyak genre seperti hiburan, komedi, lifestyle, beauty, pendidikan, talk show, kuliner, review gadget, game, dan lain sebagainya bisa ditemukan di platform yang identitasnya merah dan hitam ini.

Masyarakat biasa yang hanya membagikan kehidupan sehari-hari mereka, seperti Jerome Pollin yang berbagi mengenai perjalanannya menempuh pendidikan di Jepang saja pun bisa menghasilkan uang dari YouTube. Bahkan, YouTube bisa menawarkan penghasilan menggiurkan, terutama buat YouTuber di Indonesia.

Untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube, tidaklah langsung semudah dengan hanya mengunggah video saja lalu langsung bisa dapat uang. Lantas, bagaimana langkah-langkah membuat konten YouTube bisa menghasilkan uang? Cek caranya di sini.

Baca juga: Silent Vlog yang Menenangkan di Tengah Dunia yang Serba Cepat dan Penuh Kebisingan

Buat channel sendiri

Langkah pertama untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube, adalah harus punya channel milik sendiri dahulu. Nah, ketika membuat channel ini kamu harus tentukan dahulu apa tujuan kamu membuat channel, ingin memberikan jenis konten seperti apa, misalkan apa menghibur, mendidik, menginspirasi, atau mungkin informatif.

Akan lebih menarik jika kamu fokuskan pada apa saja fokus yang ingin kamu bahas dan bagikan di channel sendiri ini. Kemas identitas channel YouTube kamu ini dengan ciri khas tersendiri agar bisa menarik perhatian orang dan membedakannya dengan channel YouTube lain.\

Monetisasi akun YouTube

Nah, ini adalah langkah paling penting untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube. Selain menghasilkan  konten YouTube secara aktif, sebelumnya kamu juga perlu melakukan monetisasi pada channel YouTube milikmu ini.

Cara monetisasi channel YouTube ini dilakukan dengan masuk ke account information, kemudian klik Creator Studio yang ada pada menu di sebelah kiri. Lanjut dengan klik channel lalu "Satus and Features", lalu pilihlah opsi "Enable Monetisasion". Jangan lupa setujui ketentuan atau agreement yang ada setelah dibaca seksama.

Untuk bisa memonetasi channel YouTube ini ada beberapa syarat yang bisa dipenuhi. Mulai tahun 2018, saluran YouTube diminta harus sudah memiliki paling sedikit 1.000 pelanggan serta telah mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tontonan terhitung dalam 12 terakhir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN