Mohon tunggu...
Nadhifa Salsabila Kurnia
Nadhifa Salsabila Kurnia Mohon Tunggu... Masih setia dengan Bandung, namun melalui tulisannya sering kali berjalan ke Korea Selatan dan berbagai belahan dunia lain

Sarjana Ilmu Komunikasi Jurnalistik, pencinta literasi, penyuka fiksi, menulis dimana saja dan kapa saja

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

4 Rute Penerbangan Paling Berbahaya di Dunia

31 Mei 2021   20:41 Diperbarui: 31 Mei 2021   21:00 81 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Rute Penerbangan Paling Berbahaya di Dunia
Pexels | Kelly Lacy

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa profesi di atas pesawat baik itu pilot maupun kru pesawat seperti pramugari dan lainnya, juga diintai bahaya kecelakaan pesawat. Begitu juga halnya dengan para penumpang pesawat itu sendiri. Tahukah kamu, kalau ada beberapa rute penerbangan paling berbahaya di dunia? Rute-rute ini sering kali lebih diwaspadai ketika dilewati.

Resiko kecelakaan pesawat memang bagian yang tak bisa diprediksi. Bahkan, ketika pilot yang menerbangkan pesawat itu sudah punya pengalaman bertahun-tahun lamanya sekalipun. Lalu, untuk rute penrbangannya saja yang membahayakan? Cek empat di antaranya berikut ini.

1. Segitiga Bermuda

Rute penerbangan paling berbahaya yang pertama ini pastinya paling tidak asing di telinga. Karena tertalu terkenal, bahkan berbagai mitos mistis juga mengelilingi betapa misterius dan bahayanya wilayah Segitiga Bermuda ini. Daerah ini adalah sebuah perairan yang terletak di Kepulauan Karibia dan Samudera Atlantik Selatan.

Baca juga: Di Balik Murahnya Harga Tiket Pesawat Tahun 2019

Memang bukan tanpa alasanya menyebutnya berbahaya. Karena, sudah banyak menelan korban. Mitos dari area kematian hingga moster laut mengintai di sini. Menurut ilmuwan dari Universitas Southampton dilansir dari kompas.com, daerah berbahaya ini di antaranya karena ada gelombang setinggi 1.000 kaki (304,8 meter) di dalam segitiga tersebut. Gelombang ini disebabkan oleh tiga bada besar di sekitar wilayah ini juga.

2. Rute penerbangan Indonesia

Percaya tidak, Indonesia pernah menjadi negara yang rute penerbangan menuju ke sini diberi tanda WARNING dari asosiasi penerbangan dunia. Dikarenakan, terlalu seringnya kecelakaan yang terjadi di Indonesia. Serta cuaca ekstrem yang terjadi di rute ini. Contoh untuk kecelakaaan pesawat yang banyak terjadi di tahun 2015. Dimana di tahun ini terjadi tiga kali kecelakaan dengan masing-masing jumlah korbannya 56, 162, dan 100 orang meninggal dunia.

Memang mengecewakan Indonesia memiliki catatan buruk dalam hal penerbangan ini. Bahkan, Uni Erop juga telah memberlakukan pelarangan untuk sebanyak 59 dari 63 maskapai penerbangan Indonesia untuk melintasi wilayahnya. Kemudian, sebelum tahun 2016 Federation Aviation Administration (FAA), Indonesia dimasukki ke nomor urut dua untuk negara yang disebut gagal dalam menjaga keamanan di udara.

3. Penerbangan ke Nepal

Rute oenerbangan paling berbahaya lainnya di dunia adalah perjalanan ke Nepal. Negara yang dijulukki negara paling bahaya di dunia ini ternyata memiliki medan yang amat terjal untuk rute penerbangannya.  Mulai dari gunung-gunung yang terjal, udara kencang bergerak melalui pegunungan dan memantul ke atas dengan keras.

Baca juga: Pengalaman Terbang dengan Cuaca Buruk

Kondisi ini membuat penerbangan rawan terkena turbulensi dan gangguan lainnya. Tak sampai di sini, Bandara Lukla yang letaknya dekat Gunung Everest dikenal sebagai bandara paling berbahaya di dunia. Ini karena landasan pacu pendek yan dimilikinya. Yakni 1.729 kaki atau bisa disamakan sekitar 527 meter.

4. Rute penerbangan ke sejumlah negara Amerika Latin

Negara di kawasan ini bisa dikategorikan sebagai salah satu rute penerbangan paling berbahaya di dunia, karena teknologi yang mendukung penerbangannya dinilai masih sangat jadul. Di sejumlah negara Amerika Latin, diketahui masih menggunakan teknologi yang masih menyulitkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN